Peranan Guru PPKn dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 17 Kendari

Authors

  • Asriati Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo
  • Karsadi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.96

Keywords:

Peranan, Peranan guru PPKn, kedisiplinan belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan guru PPKn dalam membina kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 17 Kendari; dan 2) bentuk-bentuk kegiatan guru PPKn dalam membina kesiplinan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kendari. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kendari Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari selama bulan September 2023. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjek penelitian terdiri dari 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru PPKn dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kendari, meliputi: guru dengan berperan aktif sebagai pengelola kelas, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Dari ketiga peranan tersebut maka guru dapat membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Kendari melalui pemberian tugas, memfokuskan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan guru ketika sedang menjelaskan dan melatih siswa agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. (2013). Peranan Guru PKn Terhadap Pembentukan Moral Siswa di SMP Negeri 10 Palu, Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-9. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EduCivic/article/view/6171

Abdurrahman, K. (2023). Implementasi Konseling Behavior Dengan Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Smk Negeri 1 Tegineneng Pesawaran Tahun Ajaran 2022/2023 (Disertasi, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/29095/

Al-Rasyidin & Nizar, S. (2005). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Gultom, A. F., & Reresi, M. (2020). Kritik Warga Pada RUU Omnibus Law dalam Paradigma Critical Legal Studies. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 38-47. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8497

Jaya, R., & Syahrir, A. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kendari. SELAMI IPS, 17(1), 13-17. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.58

Kurniati, K., Widodo, R., & Budiono, B. (2018). Peranan Guru PKn dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa di Man Malang 1. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 163-173. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8657

Monika, N., Achmad, S. S., & Ayub, D. (2022). Disiplin Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Panam Mulia Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 114-121. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.640

Nuraini Ponda, U., Susilawati, S., & Siswanto, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas IV SDIT Rabbi Radhiyya I (Doctoral dissertation, IAIN CURUP). http://e-theses.iaincurup.ac.id/3551/

Putri, R. R. (2019). Pola Pembimbingan Guru PKn dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik. Journal Civics and Social Studies, 3(1), 69-76.

Ria, S J. (2015). Peran Motivasi dan Disiplin dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi IPS, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(3), 275-286. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v1i3.364

Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press.

Istianah, A., Ewi, P. M. D. C., & Dadi, Y. E. S. U. (2021). Pelatihan Keterampilan Mengajar sebagai Bekal Mewujudkan Program Merdeka Belajar bagi Calon Guru PPKn di Prodi PPKn, FKIP, Universitas Nusa Cendana. Kelimutu Journal of Community Service, 1(1), 75-86. https://doi.org/10.35508/kjcs.v1i1.5611

Saring Marsudi, S. H. (2017). Implementasi Pembelajaran Akhlak dalam Menanamkan Kedisiplinan Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas Atas MI Ahmad Maryam Surakarta Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peranan Pendidik Ips Saebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkat7kan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Peserta Didik SMP, Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13. https://doi.or0g/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Susiyanto, M. W. (2014). Analisis implementasi pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1) https://media.neliti.com/media

Setiyoko, A. (2022). Bentuk-Bentuk Kedisiplinan Belajar dalam Proses Pembelajaran Ppkn Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. In Seminar Nasional Kewarganegaraan, 2(1), 78-88. https://eprints.uad.ac.id

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Asriati, Hamuni, & Karsadi. (2025). Peranan Guru PPKn dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 17 Kendari. SELAMI IPS, 18(1), 59–64. https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.96

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>