Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IX-7 SMP Negeri 1 Kendari

Authors

  • Dilla Agustiani Universitas Halu Oleo
  • La Iru Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hamuni Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, meningkatkan aktivitas mengajar guru, dan meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX-7 SMP Negeri 1 Kendari melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa tes hasil belajar siswa dan data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I ketuntasan secara klasikal 48,58% atau 17 orang memperoleh nilai KKM sebesar ≥79 meningkat pada siklus II menjadi 82% atau 29 orang siswa yang memperoleh nilai KKM sebesar ≥79. Aktivitas guru sesuai kegiatan pembelajaran pada siklus I sebesar 73% meningkat pada siklus II sebesar 86% dengan peningkatan sebesar 13%. Aktivitas siswa sesuai kegiatan pembelajaran juga pada siklus I sebesar 69% meningkat pada siklus II sebesar 86%, artinya meningkat sebesar 17%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dilla Agustiani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

La Iru, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Hamuni, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Assegaf, Asrani & Uep, Tatang Sontani. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 340-352.

Auliya, Liza & Lazim N. (2020). The Development of Miss PPL (Advanced Microsoft Poer Point) Learning Media At Elementary School. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(4), 213-224.

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Esema, David, Evi Susari & Kurniawan, Daniel. (2012). Problem Based Learning. Jurnal Satya Widya, 28(2), 517-529.

Fauzia, Hadist Awalia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 120-132.

Hakim, H. Lukman. 2019. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin di Era Global. Civics Education and Social Sciense Journal (CESSJ), 1(2), 1173-1192.

Hotimah, Husnul. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 237-248.

Idrus, Muhammad, Hamuni & Reni, Wa Ode. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif: Sesuai Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Kartinah, Hery Kresnadi & Syamsiati. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Konkret Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(7), 270-285.

Maduratna, Tiara Putri & Agung, Setyawan. (2020). Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. (Abstrak), 1(1), 175-187.

Mokodompit, Syahra Savira., Icam Sutisna, & Hardiyanti, Eti Hardiyanti. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di Dalam Kelas. Jurnal Jambura. 2(1), 193-210.

Mualimin & Cahyadi, Hari, Rahmat Arofah. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 713-732.

Nuraini, Fivi. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 812-828.

Nurmaulid. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII.D SMP Negeri 20 Kendari. Skripsi.

Nurpratiwi, Rahma Tisa., Sigid Sriwanto, & Sarjanti, Esti. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Jurnal Geoedukasi, 4(2), 283-297.

Rerung, Nensy, Iriwi L.S. Sinon, & Widyaningsih, Sri Wahyu. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika A-Biruni, 6(1), 1127-1135.

Rizana, Desy Primayani. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Melalui Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(2), 962-978.

Rosna, Andi. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kraetif Tadulako Online, 4(6), 520-532.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saputra, Lukman Surya, Aa Nurdiaman, & Salikun. (2017). Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sofyan, Herminarto, Wagiran, Komariah, Kokom & Triwiyono, Endri. (2017). Problem Based Learning: Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, Arif. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 417-4275.

Uno, Hamzah & Mohammad, Nurdin. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardana & Djamaluddin. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Dilla Agustiani, La Iru, & Hamuni. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IX-7 SMP Negeri 1 Kendari. SELAMI IPS, 16(1), 7–16. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.21

Most read articles by the same author(s)