Kegiatan Kepramukaan di SMA Negeri 1 Tongkuno Selatan Kabupaten Muna

Authors

  • Syarifuddin Universitas Halu Oleo
  • La Iru Universitas Halu Oleo
  • Syahbudin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.61

Keywords:

Kegiatan kepramukaan, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bentuk-bentuk kegiatan pramuka pada siswa di SMA Negeri 1 Tongkuno Selatan,dan  2) faktor penghambat pelaksanaan kegiatan pramuka pada siswa di SMA Negeri 1 Tongkuno Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang siswa, sedangkan informan dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang yaitu 1 orang kepala sekolah, 1 orang Wakil Kepala sekolah, 1 orang Pembina Pramuka, dan 1 orang Ketua OSIS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 1 Tongkuno Selatan berupa kegiatan perkemahan, dan lintas alam, yang dilaksanakan di luar jam belajar dan sudah terjadwal, dan 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan yaitu kurangnya minat siswa untuk aktif di kegiatan eksrakurikuler pramuka, tidak ada ruang untuk menyimpan sarana dan prasarana pramuka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., (2011). Buku Saku Pramuka Bonus SKU Terbaru Penggalang. Yogyakarta: Planet Ilmu.

Agustang, A., (2020). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Siswa di SMA Negeri 4 Banteng. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 1(2), 120-129. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/humaniora/index

Aini, U.M., (2016). Pengembangan Kecerdasan Kenestetik Pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Bela Diri Tapak Suci di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kabupaten Banyu Mas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 70-82). https://online-journal.unja.ac.id/JSSH/index

Apriani, I., (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Fasilitas Desa. Jurnal Humaniora, 1(3), 10-19. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Asep, D., (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosio Religi, 15(1), 180-192. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/humanus

Engkoswara & Komariah, A., (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fitriana, W., (2019). Latihan Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Budi Bakti Utama. Jurnal CMM-EDU, 2(2), 201-213. https://journal.uny.ac.id/portal/journal/jpka/

Sukarto. (2010). Administrasi Pendidikan. Cet. I. Malang: IKIP Malang.

Susanti, S.A., (2015). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Pembentukan Sikap Kepempinan Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 10(2), 142-154. https://www.neliti.com/journals/jurnal-kultur-demokrasi

Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2010 Pasal Tentang Pramuka.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 Tentang AD/ART Gerakan Pramuka.

Yulianti, U., (2016). Pendidikan Karaketer Melalui Kepramukaan di MI Negeri Wira Saba Kecamatan Buka Teja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 18-29. https://doi.org/10.21831/jpka.v4i2.59612.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Syarifuddin, La Iru, & Syahbudin. (2024). Kegiatan Kepramukaan di SMA Negeri 1 Tongkuno Selatan Kabupaten Muna. SELAMI IPS, 17(1), 28–32. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.61

Most read articles by the same author(s)