Implementasi Kepedulian Sosial Peserta Didik Di Lingkungan SMP Negeri 1 Lede Kebupaten Pulau Taliabu
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.80Keywords:
Implementasi, kepedulian sosial, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kepedulisan sosial peserta didik di lingkungan SMP Negeri 1 Lede Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data-data yang didapatkan di lapangan Implementasi Kepedulisan Sosial Pada Siswa SMP Negeri 1 Lede Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara.Subyek penelitian ini terbagi atas dua, yakni responden penelitian berjumlah 8 orang siswa dan informan penelitian berjumlah 2 orang Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kepedulian Sosial Pada Siswa SMP Negeri 1 Lede sudah berjalan dengan baik dimana nilai kepedulian social ini dilakukan dalam beberapa bentuk implementasi, seperti: kepedulian dalam suka dan duka, kepedulian pribadi dan bersama dan kepedulian mendesak. bentuk implementasi kepedulian sosial yang sudah baik yang telah diterapkan di SMP Negeri 1 Lede adalah implementasi kepedulian dalam suka dan duka serta kepedulian pribadi dan bersama, sedangkan kepedulian mendesak masih harus di tingkatkan lagi agar bisa diimplementasikan secara baik dan menyeluruh pada siswa khususnya siswa yang ada di SMP Negeri 1 Lede.
Downloads
References
Apriyani, N. M, (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dasar perkhasa, 7(2), 110-117. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1231
Assingkily, Muhammad Shaleh. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 92-102. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210
Busyaeri A & Muharom M., (2015). Pengaruh Sikap GuruTerhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI. 2(1), 79-90. 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177
Karsadi. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mustari, M., (2011). Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 24-44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Palunga, R. & Marzuki. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karaker, 7(1), 109-122. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858
Rahmah,Intan Siti. (2021).Implementasi Pembelajaran PAIdalam Meningkatkan Sikap KepedulianSosial Siswa di SMPKHZ. Musthafa: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 120-129. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.59
Sahiba Ahmad dan Hj.Hartati Zainab (2022). Implementasi Metode Keteladanan Gurudalam Pembentukan Kepedulian Sosial Siswa. Jurnal Keaislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(1). 10.36088/islamika.v4i1.1634
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Sosial Science Teaching, 1(1), 20-28. http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Urba Sarafudin, Syahbudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.