Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah di Desa Kontumere
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.95Keywords:
Faktor penyebab , siswa, putus sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo, untuk mengetahui upaya orang tua dan guru mengatasi siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo. Jenis penelitian ini adalah ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data-data yang didapatkan di lapangan mengenai faktor penyebab siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo dengan menggunakan pedoman wawancara mendalam dan observasi. Peneliti selalu berusaha mengumpulkan data dan informasi seputar masalah yang akan diteliti. Subjek penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo di bagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo yaitu faktor tidak ada motivasi dan minat, faktor malas untuk pergi ke sekolah, faktor keterkaitan emosional. Faktor eksternal penyebab siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo yaitu faktor lingkungan tempat tinggal, faktor hamil diluar nikah,perkawinan diusia muda, dan faktor budaya. Upaya orang tua dan guru mengatasi siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo adalah memberikan motivasi, memaksa untuk tetap bersekolah, menasehati, mengontrol, dan mengawasi aktivitas anaknya. Adapun upaya guru mengatasi siswa putus sekolah di Desa Kontumere pada SMA Negeri 1 Kabawo adalah memotivasi dan mengarahkan siswa untuk menjadi seperti apa yang mereka inginkan.
Downloads
References
Maghfirah, D. A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah Tingkat SMA/SMK Negeri Di Kota Mataram. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 8(3), 215-222. https://doi.org/10.21831/sakp.v8i3.15862
Melinda, I., & Susanto, R. (2018).Pengaruh Reward dan Motivasi Belajar Siswa. Internasional Jurnal of Elementary Education, 2(2),18-86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan keterampilan Manajemen kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Dasar, 4(2), 220-229. https://doi.org/10.1002/hlca.19770600336
Ridwan, Irawaty & Momo, A.H. (2019). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah (Studi di Desa Mapila Kecamatan Kabaena Utara Kabupaten Bombana. Selami IPS, 12(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/selami/article/view/10838
Nurkholis. (2003). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan,1(1),24-44 https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Syofyan, H., & Rahmania, Y. (2020). Pendekatan keterampilan proses Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15304
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elis Suparsi, Syahbudin (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.