Penerapan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai KeTuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Perspektif Toleransi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.65Keywords:
Pendidikan multikultural, nilai persatuan, toleransi beragamaAbstract
Penerapan pendidikan multikultural berbasis nilai keTuhanan Yang Maha Esa dan persatuan Indonesia merupakan strategi yang penting dalam memperkuat toleransi beragama di masyarakat Indonesia yang beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan multikultural berbasis keTuhanan Yang Maha Esa dan persatuan Indonesia dapat berhasil meningkatkan pemahaman toleransi beragama siswa. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data kuantitatif melalui observasi kelas dan pengisian angket oleh siswa Kelas V SD Negeri 064973 Jln. Bhayangkara Medan dengan jumlah responden 31 siswa/siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kognitif tentang pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, sikap terkait permasalahan pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, tindakan dari aktualiasasi proses pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, pembiasaan untuk bertindak pendidikan multikultural berbasis nilai keTuhanan dan nilai persatuan, dan terbentuknya karakter toleransi beragama.
Downloads
References
Agustian, M., (2019). Pendidikan Multikultural. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Feryansyah, Gandamana, A., & Siregar, W. M., (2021). Pendidikan Multikulturalisme dalam Penananaman konsep Kebhinekaan di Sekolah Dasar Berbasis Agama. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 27-34. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36090
Nurasmawi & Ristiliana. (2021). Pendidikan Multikultural. Rejosari. Asa riau.
Muslim. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Jurnal Riksa Bahasa, 2(1), 55-66. https://doi.org/10.17509/rb.v2i1.8774
Nurfatimah, S.A., & Dewi, D.A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila dalam Menumbuh Kembangkan Wawasan Kebangsaan di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 176-183. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1446
Prasetiawati, E., (2017). Urgensi Pendidikan Multikultural untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Jurnal Tapis, 1(2), 140-149. https://doi.org.10.32332/TAPIS.V1I01.876.
Sakban, A., & Hasfah. (2018) Multikultutal & Keberagaman Sosial. Yogyakarta. Deepublish
Sumardiyanto, Y., & Fauziyah, T.R., (2016). Keragaman yang Mempersatukan-Visi Guru Tentang Etika Hidup Bersama dalam Masyarakat Multikultural. Switzerland: Globethics. net International Secretariat. https://z-lib.io/book/14513753
Trianasuma, H, dkk., (2023). Nilai-nilai Multikultural dalam pendidikan Pancasila dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 285-289. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4518
Widiatmaka, P, dkk., (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119-133. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526
Wulandari, T., (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 HannaTasya Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.