Penerapan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai KeTuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Perspektif Toleransi Beragama

Authors

  • Lince Hartanti Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Parlaungan Gabriel Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Novridah Reanti Purba Universitas Negeri Medan
  • Dina Khotipah Batubara Universitas Negeri Medan
  • Hanna Tasya Br Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Ranap Fransiskus Togatorop Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.65

Keywords:

Pendidikan multikultural, nilai persatuan, toleransi beragama

Abstract

Penerapan pendidikan multikultural berbasis nilai keTuhanan Yang Maha Esa dan persatuan Indonesia merupakan strategi yang penting dalam memperkuat toleransi beragama di masyarakat Indonesia yang beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan multikultural berbasis keTuhanan Yang Maha Esa dan persatuan Indonesia dapat berhasil meningkatkan pemahaman toleransi beragama siswa. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data kuantitatif melalui observasi kelas dan pengisian angket oleh siswa Kelas V SD Negeri 064973 Jln. Bhayangkara Medan dengan jumlah responden 31 siswa/siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman kognitif tentang pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, sikap terkait permasalahan pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, tindakan dari aktualiasasi proses pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, pembiasaan untuk bertindak pendidikan multikultural berbasis nilai keTuhanan dan nilai persatuan, dan terbentuknya karakter toleransi beragama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, M., (2019). Pendidikan Multikultural. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Feryansyah, Gandamana, A., & Siregar, W. M., (2021). Pendidikan Multikulturalisme dalam Penananaman konsep Kebhinekaan di Sekolah Dasar Berbasis Agama. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 27-34. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36090

Nurasmawi & Ristiliana. (2021). Pendidikan Multikultural. Rejosari. Asa riau.

Muslim. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Jurnal Riksa Bahasa, 2(1), 55-66. https://doi.org/10.17509/rb.v2i1.8774

Nurfatimah, S.A., & Dewi, D.A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila dalam Menumbuh Kembangkan Wawasan Kebangsaan di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 176-183. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1446

Prasetiawati, E., (2017). Urgensi Pendidikan Multikultural untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Jurnal Tapis, 1(2), 140-149. https://doi.org.10.32332/TAPIS.V1I01.876.

Sakban, A., & Hasfah. (2018) Multikultutal & Keberagaman Sosial. Yogyakarta. Deepublish

Sumardiyanto, Y., & Fauziyah, T.R., (2016). Keragaman yang Mempersatukan-Visi Guru Tentang Etika Hidup Bersama dalam Masyarakat Multikultural. Switzerland: Globethics. net International Secretariat. https://z-lib.io/book/14513753

Trianasuma, H, dkk., (2023). Nilai-nilai Multikultural dalam pendidikan Pancasila dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 285-289. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4518

Widiatmaka, P, dkk., (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 119-133. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.48526

Wulandari, T., (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: UNY Press

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Lince Hartanti Sihombing, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Dina Khotipah Batubara, Hanna Tasya Br Siahaan, & Ranap Fransiskus Togatorop. (2024). Penerapan Pendidikan Multikultural Berbasis Nilai KeTuhanan Yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Perspektif Toleransi Beragama . SELAMI IPS, 17(1), 44–54. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.65

Most read articles by the same author(s)