Karakter Kejujuran Pada Pedagang Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Wua-Wua Kendari

Authors

  • Nerlin Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v14i1.54

Keywords:

Karakter Kejujuran, Pedagang, Jual Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan karakter kejujuran pada pedagang dalam transaksi jual beli di pasar tradisional Wua-Wua Kendari, dan (2) untuk mengetahui apa saja kendala penerapan karakter kejujuran pada pedagang melalui transaksi jual beli di Pasar Sentral Wua-Wua Kendari. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah Pedagang sebagai sumber di lapangan atau tempat penelitian yang menjalankan kegiatan jual beli di pasar Tradisional Wua-Wua Kendari. Sedangkan informan penelitian ini adalah pembeli/konsumen tergantung dari situasi keadaan pasar tersebut. Hasil penelitian yang mununjukan bahwa para pedagang sudah berusaha jujur terhadap para konsumen dalam jual beli, akan tetapi masih terdapat pedagang yang berbuat tidak jujur dengan menjual barang yang sudah rusak atau busuk. Namun, hanya beberapa pedagang dengan komoditi yang mudah rusak yang berbuat curang. Pedagang beralasan jika dagangan tersebut tidak terjual maka akan mengalami kerugian. Sedangkan kendala dalam penerapan karakter kejujuran pada para pedagang adalah masih adanya pedagang yang berbuat curang, alat penimbang yang tidak layak, dan tidak adanya sanksi tegas dalam kecurangan para pedagang dari pihak Pasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afandi, Y., (2009). Fiqih Muamalah. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Fauziah., Dhiba, F. & Arfiah, S., (2016). Karakter Kejujuran Pada Pedagang Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Sayur Kabupaten Magetan). Jurnal Social Science, 1(2), 1-12. https://onesearch.id/Record/IOS2728.46232

Erwina, R., Sulaiman, S., & Nurhaidah, N., (2018). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Sikap Jujur di SD Negeri Unggul Lambada Klieng Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 49-57. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/8651

Haqan, A., (2011). Utility dalam Preferensi Konsumen: Analisis Maslahah Pemikiran Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Ekonomi Kontemporer. Disertasi, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/9557/

Kurniawan, M., (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 147-160. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/view/416/410

Kurniyanti, E. (2015). Penerapan Sikap Jujur dalam Kehidupan. Bandung: Sinar Grafika.

Ma’rifah, S., Hidayah, N., & Susilowati, F., (2018). Nilai Kejujuran Anak Melalui Penerapan Permainan Ular Tangga di Taman Kanak Kanak. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/dedication/article/view/538

Mulyadi. (2016). Perkembangan Anak dalam Kejujuran. Jakarta: Erlangga.

Mustari, M., (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Nanda, D. U. & Fikriyah, K., (2020). Perilaku Pedagang Pasar Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Dalam Prespektif Prinsip Dasar Pasar Islami. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 588-597. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Puspaningtyas, M., (2011). Analisis Strategi Pemasaran Jasa. Dinamika Dotcom: Jurnal Pengembangan Manajemen Informatika dan Komputer, 2(2), 87-95. http://ejurnal.stimata.ac.id/index.php?journal=DINAMIKA&page=article&op=view&path%5B%5D=43

Salahudin, A. & Alkrienciehie, I., (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sakur, S., (2019). Perilaku Pedagang Pasar Tradisional di Pasar 17 Agustus Kabupaten Pamekasan: Studi Perspektif Etika Bisnis Islam. Disertasi UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsa.ac.id/34778/1/Sakur_F02417144.pdf

Saputra, R. B., (2014). Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) yang Berjualan di Badan Jalan (Studi di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2), 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/3122/3023

Suhendi, H., (2010). Fiqih Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tiyas, T. H., Yuniarti & Wahyu, K., (2013). The Role of Trust in Shaping Mother-and-Child Relationship: Indigenous Psychological Analysis. International Journal of Research Studies in Psychology. 2(1), 1-12. https://doi.org/10.5861/ijrsp.2012.103

Winoto, A., (2019). Strategi dan Hambatan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus PKL di Telanaipura). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Nerlin. (2021). Karakter Kejujuran Pada Pedagang Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Wua-Wua Kendari . SELAMI IPS, 14(1), 10–20. https://doi.org/10.36709/selami.v14i1.54