Pola pembinaan Karakter Kebangsaan di Lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.47Keywords:
Pembinaan, Karakter Kebangsaan, Pesantren ModernAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan karakter kebangsaan di lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari dan faktor yang mempengaruhi pola pembinaan karakter kebangsaan di lingkungan Pondok modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ustadz/ustazah dan 5 orang santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pola pembinaan karakter kebangsaan yang dilakukan kepada para santri di lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari terdiri dari pembinaan terprogram melalui kegiatan dan kehidupan santri selama dalam lingkungan pesantren, proses pengajaran dalam lingkungan pesantren, keteladanan, pembiasaan atau habituasi santri dan pemberian punishment dan reward kepada santri dalam kehidupan di lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari; 2) Faktor yang mempengaruhi pola pembinaan karakter kebangsaan dilingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari adalah mencakup intelegensi dan kecerdasaran santri, motivasi santri, lingkungan pesantren, sarana dan prasarana penunjang serta tenaga pendidik yaitu ustadz dan ustazah yang mempengaruhi dalam proses pembinaan karakter kebangsaan santri dilingkungan pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 4 Kendari.
Downloads
References
Asmaun Sahlan. 2013. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal el-Hikmah Fakultas Tarbiyah UIN Malang hal. 139-149.
Azamiyah. 2017. Konsep Pendidkan Karakter dalam Al-Quran Surah Alhujarat ayat 11 -13. Jurnal UNSIQ Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Beachum, FloydD., et.al. 2015. “Support and Importance Of Character Education: PreServiceTeacherPerceptions”. Journal of Education and Practice, Vol. 11, No. 3, hlm. 34-42.
Dalmeri.2014. Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum Volume. 14 Nomor 1, Juni 2014 Hal 269-288.
Darmiyati, dkk. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Cakrawala Pendidikan, Vol. 2. No. 4, hlm. 22-24.
Fitri, A. 2018. Pendidikan karakter prespektif al-Quran hadits. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 258- 287.
Karim, Abdul. 2015. menakar keberhasilan manajemen pendidikan pesantren. Jurnal STAIN KUDUS
Kelishadroky, dkk. 2016. The Role of Reward and 110 Ulfah et al. Pembetukan karakter disiplin santri Punishment in Learning. Internasional Journal of advanced Biotechnology and Research, 780-788
Muchtarom, Zaini.1998. Islam di Jawa dalam Perspektif Santri dan Abangan, Jakarta: Salemba Diniyah
Prasetyo, Danang. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru. HARMONY. ISSN 2548-4621E-ISSN 2548-4648
Saleh, Meylan. 2012. Peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter anak usia dini di PAUD sekecamatan Limboto. Jurnal Ilmu Pendidikan PEDAGOGIKA, Volume 03 Nomor 04, Desember.
Soepriyanto, Yerry.2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal JKTP Volume 1, Nomor 2, Juni 2018
Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan local. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012.
Suyono.2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi, Jakarta: Rineka Cipta
Thalib, Abdul.2015. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Risaalah, Vol. 1, No. 1, Desember 2015.
Wahyuni, Tanshzil Sri. 2012. Model Pembinaan Pendidikan Karakter pada Lingkungan Pondok Pesantren dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Santri (sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan). Jurnal Penelitian Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 13 No. 2 Oktober, hal 1-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elawati Harfinah, Nerlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.