Partisipasi Warga BTN UNHALU Pada Program Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R)

Authors

  • La Kuli Universitas Halu Oleo
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apa bentuk partisipasi Masyarakat Dalam program Pengelolaan sampah; 2) untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi warga BTN UNHALU pada program pengelolaan sampah. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala lurah, Pengelola TPS serta Masyarakat. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan Purposive Snowball Sampling.  Peneliti hanya menemui 10 orang sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk partisipasi Warga BTN UNHALU Dalam Program TPS 3R yaitu: 1) partisipasi buah pikiran dilakukan melalui penyampaian saran-saran; 2) partisipasi tenaga dilakukan pada setiap kegiatan kerja bakti serta pada proses pengumpulan dan pemilahan sampah dari rumah sebelum dibawa ke TPS; 3) partisipasi harta benda dilakukan dengan pembayaran iuran sampah; 4) partisipasi keterampilan dilakukan ketika ada kendala alat operasional TPS; 5) partisipasi sosial dilakukan dengan mengikuti program TPS 3R. Faktor yang mempengaruhi partisipasi warga adalah faktor pengetahuan, pendapatan, peran pemerintah, sarana dan prasarana serta faktor pengurus TPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

La Kuli, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abdul Halim Momo, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Nerlin, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Bawole, Poula Jecqueline, D.P., & Muktiali, M. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Menado. Ejournal.unsifat ac.id. 4(57), 210-223.

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial: Antara Teori dan Praktek. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Makhmudi, Dyah Putri & Muktiali, Mohammad (2018). Partisipasi masyarakat dalam Pembangunan Prasarana Lingkungan pada Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kelurahan Tambakrejo Kota Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, 6(2), 108-117. DOI: 10.1470/jpk.

Septiasa; Nuring Laksana. (2013). Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga di Desa Bandung Kecamatan Playen. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Pablik. 1(1), 317-328.

Setiyarty Tettie; Sundsri Pipit; Dewi Kadek Fatih Anggarwati. (2021). Satrategi Pengelolaan dan Pengembangan Museum. Jurnal STIE Semarang. Semarang. 13(1), 512-527.

Sulistyorini; Nur Rahmawati. Darwis, Rudi Supriadin. Gutama, Arie Surya. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaam Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Ciculung. Jurnal Universitas Padjajaran. 5(1), 812-827.

Trisna; Diwyacitra Kansa. 2014 Persepsi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

La Kuli, Momo, A. H., & Nerlin. (2023). Partisipasi Warga BTN UNHALU Pada Program Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R). SELAMI IPS, 16(1), 28–35. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.23