Peran Guru PPKn Dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada Kelas VII di SMP Negeri 10 Kendari)

Authors

  • Suci Kusuma Wardani Ihwan Universitas Halu Oleo
  • Irawaty
  • Nerlin

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i2.32

Keywords:

Peran guru PPKn, proses pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peran guru PPKn dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam proses pembelajaran pada kelas VII di SMP Negeri 10 Kendari adalah: (1) Guru sebagai perencana pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat dan administrasi pembelajaran sebelum memasuki ruangan kelas, (2) Guru sebagai pelaksana dan pengelola pembelajaran dapat dilihat selama proses pembelajaran yakni menyiapkan perangkat pembelajaran, guru sudah menetapkan metode dan model pembelajaran yang akan digunakan, dengan memperhatikan minat siswa agar tidak bosan dalam kelas. Guru sudah membagi waktu sesuai dengan RPP yang dibuat sehingga waktu yang digunakan efisien dan tepat waktu, (3) Guru sebagai evaluator tidak hanya memberikan remedial bagi siswa yang tidak tuntas tetapi juga memberikan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas agar pemahaman siswa terhadap materi lebih baik, evaluator menjadi pedoman guru dalam menentukan Langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Irawaty

Yth. Editor Jurnal Selami IPS 

Mohon diperiksa 

Nerlin

Yth. Editor Jurnal Selami IPS 

Mohon diperiksa 

References

Anurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Alniawati, F. (2019). Peran Guru PPKn Dalam Membina Karakter Siswa SMP Negeri 1 Lasalepa Desa Bonea, Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna. Jurnal Selami IPS, 1(12), 500-506. http://ojs.uho.ac.id/index.php/selami/article/download/10840/7656.

Fauzi. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15. http://skripsippknunj.org.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hanafy & Sain, M. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/lenterapendidikan/article/view/516.

Hariyanto. (2021). Peranan Pemerintah Desa dalam Pembangunan Infrastruktur. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(1), 295-302. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/46323.

Imanuel, F. C. (2015). Peran kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Budaya Sungai Bawan Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Karta Negara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 1182-1196. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1353.

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial: Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemenkumham.

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/articla/view/893

Siregar, M. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Komperatif Tipe Stad Pada Konpensi Dasar Mendeskripsikan Hakikat Demokrasi Kelas VIII SMP Negeri 3 Montong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic, 1(1), 25-38. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/civic/article/view/1096.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Suci Kusuma Wardani Ihwan, Irawaty, & Nerlin. (2023). Peran Guru PPKn Dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada Kelas VII di SMP Negeri 10 Kendari). SELAMI IPS, 16(2), 100–104. https://doi.org/10.36709/selami.v16i2.32

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>