Implementasi Nilai Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 14 Kendari

Authors

  • Tasya Suherman Universitas Halu Oleo
  • Irawaty Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.25

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi nilai karakter siswa peduli lingkungan di SMP Negeri 14 Kendari dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai karakter siswa peduli lingkungan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai karakter siswa peduli lingkungan di SMP Negeri 14 Kendari sudah berjalan dengan baik mulai dari menjaga kelestarian lingkungan sekolah, tidak mencabut bunga atau tumbuh-tumbuhan yang ada dilingkungan sekolah, tidak mencoret-coret dinding bangunan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, dan melaksanakan kegiatan rutin seperti kerja bakti lingkungan sekolah. Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung implementasi nilai karakter siswa peduli lingkungan yaitu sarana dan prasarana yang sangat memadai, peran semua anggota sekolah, pendanaan yang memadai dan kerjasama antara kepala sekolah, guru dan siswa. Selain itu faktor penghambat implementasi nilai karakter siswa peduli lingkungan adalah faktor lingkungan dan  faktor hubungan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tasya Suherman, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Irawaty, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Wa Ode Hijrah, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Daryanto & Sarmiatun. S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Fadillah, M. & Khorida L, M. (2013). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini, dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Media.

Gunawan, Heri. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Irawaty, Rahmaniar S.A, Syahbudin, & Yuliani, S. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Sidoarjo: Meja Tamu.

Karsadi. 2018. Metodologi Penelitian Sosial: Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, Widia. (2020). Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan pada Kelas III Madrasah Ibtiyah Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sultan Thana Shaifuddin Jambi. Skripsi, 43-46.

Nugrahastuti, Eka. (2004). Nilai-nilai Karakter Pada Permainan tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Purwanti, Siwi. 2017. Penerapan Karakter Peduli Lingkungan Siswa untuk Meningkatkan Keindahan Lingkungan. Jurnal Dialektika. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, 7(1), 16-25.

Rahman, Arif Hikam. (2013). Pengembangan Edukasi Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Jurnal Unnes Journal of Biology Education, 2(2), 148-154.

Rosyad, Ali Miftahul. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Fakultas Agama Islam, Universitas Wiralodra Indramayu, Jawa Barat. 5(2), 78-83.

Trahati, Melia Rimadhani. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruk Legi. Jurnal (online). 1(2), 22-34.

Umro Jakaria. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Yang Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Makrifat. Pasuruan. 3(2), 152-153.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Tentang Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zulhijrah. (2001). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Tadrib. 1(1), 10-13.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Tasya Suherman, Irawaty, & Hijrah, W. O. (2023). Implementasi Nilai Karakter Siswa Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 14 Kendari. SELAMI IPS, 16(1), 46–53. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.25