Pembelajaran Oline Pada Masa Pandemi (Studi di SMPN 1 Pasikolaga Kecamatan Pasikolaga Kabupaten Muna)

Authors

  • Wulan Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yusuf Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Irawaty Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v15i1.43

Keywords:

Pembelajaran Online, Pandemi, Hambatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kekurangan dalam pembelajaran online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga dan hambatan apa saja dalam pembelajaran online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 1 Pasikolaga. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Staf Kesiswaan, dan Pengawas Sekolah SMPN 1 Pasikolaga. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik analisis data adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa  kekurangan pembelajaran  online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga yakni: (1) Kurangnya interaksi antara siswa dan guru;  (2) Merubah peran mengajar, dari semula menguasai teknik konvesional, kini juga dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran menggunakan ICT (Information and Communication Technology); (3) Peserta didik yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi, cenderung gagal dalam menguasai materi ajar; (4) Kurangnya  penguasaan komputer pendidik dan peserta didik. Hambatan dalam pembelajaran online di SMPN 1 Pasikolaga bagi guru adalah: (1) Guru kurang menguasi TIK; (2) Guru yang kurang menguasai materi pembelajaran. Hambatan pembelajaran online di SMPN 1 Pasikolaga bagi siswa adalah (1) jaringan internet yang kurang stabil; (2) siswa merasa bosan dengan tugas-tugas yang diberikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irawaty, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 

References

Hardianto, D. 2012. Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online, Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 2(2), https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/3204/2684

Husamah, 2014. Pembelajaran Bauran Blendend Learning Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face E-learning Offline-Online dan Mobile Learnig, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Marjan, T.F. Musriandi, R. dan Suryani, L. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi, Jurnal Universitas Abulyatama, 4(2), http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1022

Rohman, F. 2016. Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Online (e-learning) di Sma Negeri 1 Kontowinaga, Skripsi Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, https://eprints.uny.ac.id/43349/1/Faridatur_12520244048.pdf

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta.

Salmiah, R. 2020. Kendala yang Dihadapi Murid Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi, Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar, file:///C:/Users/TOSHIBA/Downloads/KENDALA_YANG_DIHADAPI_MURID_DALAM_PELAKS%20(4).pdf

Satiyasih, E.R. 2020. Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1), http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921

Sulistyo, 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Study Evaluasi Model Pembelajaran E-learning Smk Telkom Sandhy Putra Puwerkento, Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1): 92, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/1584/1314

Windhiyana, E.P. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Indonesia, Jurnal Universitas Kristen Satya Wancana, 34(1), http://jounal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/12921

Yulianti, M. Simarmata, J. dan Saodah, S.S. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan Pelaksanaan, Yayasan Kita Menulis, Medan.

Zumalia, V.M. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis e-learning Bidang Studi Matematika pada SMPN 1 Magelang. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Matematika, http://eprints.ums.ac.id/19727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf

Zurianti, S. dan Briando, B. 2020. Presepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjung pinang, Karya Tulis Ilmiah SMA Negeri 4 Tanjungpinang, http://scholar.google.co.id/citations?user=9XIzKj8AAAAJ&hl=id

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Wulan, Muh. Yusuf, & Irawaty. (2022). Pembelajaran Oline Pada Masa Pandemi (Studi di SMPN 1 Pasikolaga Kecamatan Pasikolaga Kabupaten Muna). SELAMI IPS, 15(1), 66–75. https://doi.org/10.36709/selami.v15i1.43

Most read articles by the same author(s)