Pembelajaran Oline Pada Masa Pandemi (Studi di SMPN 1 Pasikolaga Kecamatan Pasikolaga Kabupaten Muna)
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v15i1.43Keywords:
Pembelajaran Online, Pandemi, HambatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kekurangan dalam pembelajaran online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga dan hambatan apa saja dalam pembelajaran online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 1 Pasikolaga. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Staf Kesiswaan, dan Pengawas Sekolah SMPN 1 Pasikolaga. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik analisis data adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekurangan pembelajaran online pada masa pandemi di SMPN 1 Pasikolaga yakni: (1) Kurangnya interaksi antara siswa dan guru; (2) Merubah peran mengajar, dari semula menguasai teknik konvesional, kini juga dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran menggunakan ICT (Information and Communication Technology); (3) Peserta didik yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi, cenderung gagal dalam menguasai materi ajar; (4) Kurangnya penguasaan komputer pendidik dan peserta didik. Hambatan dalam pembelajaran online di SMPN 1 Pasikolaga bagi guru adalah: (1) Guru kurang menguasi TIK; (2) Guru yang kurang menguasai materi pembelajaran. Hambatan pembelajaran online di SMPN 1 Pasikolaga bagi siswa adalah (1) jaringan internet yang kurang stabil; (2) siswa merasa bosan dengan tugas-tugas yang diberikan guru.
Downloads
References
Hardianto, D. 2012. Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online, Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 2(2), https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/3204/2684
Husamah, 2014. Pembelajaran Bauran Blendend Learning Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face E-learning Offline-Online dan Mobile Learnig, Prestasi Pustaka, Jakarta.
Marjan, T.F. Musriandi, R. dan Suryani, L. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi, Jurnal Universitas Abulyatama, 4(2), http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1022
Rohman, F. 2016. Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Online (e-learning) di Sma Negeri 1 Kontowinaga, Skripsi Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, https://eprints.uny.ac.id/43349/1/Faridatur_12520244048.pdf
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta.
Salmiah, R. 2020. Kendala yang Dihadapi Murid Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi, Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar, file:///C:/Users/TOSHIBA/Downloads/KENDALA_YANG_DIHADAPI_MURID_DALAM_PELAKS%20(4).pdf
Satiyasih, E.R. 2020. Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1), http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/article/view/1921
Sulistyo, 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Study Evaluasi Model Pembelajaran E-learning Smk Telkom Sandhy Putra Puwerkento, Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1): 92, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/1584/1314
Windhiyana, E.P. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Indonesia, Jurnal Universitas Kristen Satya Wancana, 34(1), http://jounal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/12921
Yulianti, M. Simarmata, J. dan Saodah, S.S. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan Pelaksanaan, Yayasan Kita Menulis, Medan.
Zumalia, V.M. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis e-learning Bidang Studi Matematika pada SMPN 1 Magelang. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Matematika, http://eprints.ums.ac.id/19727/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
Zurianti, S. dan Briando, B. 2020. Presepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjung pinang, Karya Tulis Ilmiah SMA Negeri 4 Tanjungpinang, http://scholar.google.co.id/citations?user=9XIzKj8AAAAJ&hl=id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wulan, Muh. Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.