Peranan Guru PPKn dalam Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Nilai Utama Karakter Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 20 Kendari

Authors

  • Sarwiati Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Idrus Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.62

Keywords:

Peranan guru PPKn, pendidikan karakter, karakter nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru PPKn terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dalam penguatan pendidikan karakter terhadap nilai utama karakter nasionalisme Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 2 orang dan informan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan guru PPKn terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dalam penguatan pendidikan karakter terhadap nilai utama karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 20 Kendari, yaitu: guru PPKn berperan sebagai penghubung sumber belajar, sebagai pelindung, sebagai fasilitator, dan sebagai katalisator. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu guru PPKn sudah mengimplementasikan penguatan pendidikan terhadap nilai utama karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 20 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A. & Sari, I. P., (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alpha Melalui Living Values Education Program (LVEP), Jurnal Literasi, 11(2), 67-79, http://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Gestiardi, R., & Suyitno. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317

Hariyanto, J. & Herianto, E., (2019). Strategi Guru PPKn dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram, Strategi Guru PPKn dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial dan Keberagaman, 6(1), 12-20. https://dx.doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i1.85

Hidayat, R., & Yusuf, R., (2023). Ransformasi Karakter Semangat Nasionalisme Pada Siswa di SMA Kabupaten Simeulue Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 79-88. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/63105

Kartika, I. M., (2016). Peranan Guru PPKn dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Widya Acacarya, 5(1), 37-45. https://doi.org/10.46650/wa.5.1.232.%25p

Nurpratiwi, H., (2021). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral. JIPSINDO: (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 29-43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Riska, D.F., (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember. Journal of Primary Education, 1(2), 207-220, https://dx.doi.org/10.35719/jpe.v1i2.17

Salouw, J.H, Suharno & Talapessy, R., (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380-398. http://dx.doi.org/10.22146/jkn.56318

Sari, E., & Ali, Y., (2018). Penguatan Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Sekolah Internasional (Studi pada Secondary School di Singapore Piaget Academy Solo Raya). PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(1), 104-115. https://doi.org/10.20961/pknp.v13i1.22482

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Sarwiati, Muh. Yusuf, & Muhammad Idrus. (2024). Peranan Guru PPKn dalam Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Nilai Utama Karakter Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 20 Kendari. SELAMI IPS, 17(1), 33–38. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.62

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>