Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa

Authors

  • Muhammad Idrus Universitas Halu Oleo
  • Aswati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.73

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif, tes formatif, hasil belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar PKn siswa. Desain ini menggunakan desain by level 2 x 2. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diperoleh secara acak melalui teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar PKn antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; 2) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar PKn; 3) bagi kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, hasil belajar PKn antara siswa yang diberi tes formatif bentuk uraian lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi tes formatif bentuk pilihan ganda; 4) bagi kelompok siswa yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar PKn antara siswa yang diberi tes formatif bentuk uraian tidak berbeda dengan siswa yang diberi tes formatif bentuk pilihan ganda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acharya, B. J., (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 1-11. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11

Anggaini, S., (2016). Pengaruh Evaluasi Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 1(1). 1-15. https://doi.org/10.22236/jppp.v1i1.1244

Arnianti, Sudarman & Ellyawati, N., (2022). Application of the Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model to Increase Learning Motivation and Learning Outcomes of Class XI IPS B Students at SMA IT Granada Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(2), 318-327. https://doi.org/10.30872/escs.v2i2.1921

Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe NHT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi, 3(2), 84-93. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2

Fauziah, U., & Taufina. (2020). The Effect Of Jigsaw Type Of Cooperative Model On The Learning Outcomes Of Students Social Science In Elementary School. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(4), 771-779. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8031

Hunter, W.C., Maheady, Lawrence, J., Andrea, D., Williamson, R. L., Murley, R. C., & Straton, E. B., (2015). Numbered Heads Tigether as a Tier 1 Instructional Strategy in Multitiered Systems of Support. Education and Treatment of Children, 38(3), 345-362. https://doi.org/10.1353/etc.2015.0017

Idrus, M., (2017). The Influence of Cooperative Learning Models and Forms of Formative Tests on Civics Learning Outcomes by Controlling Initial Ability (Experiments in Grade VII Students of SMP Negeri 5 Kendari). Dissertation Postgraduate Program State University of Jakarta.

Jumrah, Hamdana & Rahmayani, S., (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515-525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360

Kadir. (2016). Staristika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Kelly, S., Olney, A. M., Donnelly, P., Nystrand, M., & D’Mello, S. K., (2018). Automatically Measuring Question Authenticity in Real-World Classrooms. Educational Researcher, 47(7), pp.451-464. https://journals.sagepub.com/doi/10.3102/0013189X18785613

Lie, A., (2014). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Marlina, S., Nofrion & Iswandi. (2020). The Application Of Jigsaw Type Of Cooperative Learning Model to Improve Geography Learning Outcomes In SMAN 3 Pinggir. International Journal of Educational Dynamics (IJEDs), 2(2), 39-47. http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS

Maysaroh, S., Ilah & Dedeh. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Ciamis. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 662-669. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8695

Mujahidittauhid, A., Hidayah, N., Handayani, L., Anjani, A. R., & Herianto, E., (2024). Tes Formatif dan Dampaknya pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 559-569. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1877

Ramly & Idrus, M., (2023). EvaluasiPembelajaran (Konsep Dasar, Teori dan Aplikasi). Purbalingga: Penerbit CV. Eureka Media Aksara.

Rokot, A., (2016). The Influence Of Cooperative Learning Model And Formative Test Toward The Chemistry Learning Achievement By Controlling The Initial Competency. International Journal of Health Medicine and Current Research (IJHMCR), 1(2), 217-225. https://doi.org/10.22301/IJHMCR.2528-3189.217

Rusman. (2014). LearningModels: Developing Teacher Professionalism. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sari, S. S., (2017). Pengaruh Bentuk Tes Formatif dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. 2(1). 141-158. https://doi.org/10.22236/jppp.v2i1.1273

Slamet & Maarif, S., (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda dengan Reward dan Punishment Score Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 59-80. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.39

Simaremare, J.A & Theosalonika, E., (2021). Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113-133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642

Soedimardjono, F. P., Pratiwi, P., (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 10(1), 172-179. http://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203

Solikhin, F., Sari, W. I., & Dewi, K., (2021). The Application of Numbered Heads Together (NHT) in Online Learning. International Journal of Chemistry Education Research (IJCER), 5(2), 84-90. https://doi.org/20885/ijcer.vol5.iss2.art6

Sumantri, M.S., & Satriani, R., (2016). The Effect of Formatif Testing and Self-Derected Learning on Mathematics Learning Outcomes. Internasional Electronic Journal of Elementary Education (IEJEE), 8(3), 507-524. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1096528.pdf

Susilowati, E., (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT with Random Name Number terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Aljabar Elementer. MUST: Journal of Mathematics Education, Science & Technology, 5(2), 162-173. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6190

Widyaningrum, M. D., & Harjono, N., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 57-60. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Wijaya, K. R., (2017). Kontribusi Bentuk Tes Formatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Krisnaldi Rangga Wijaya. JPPP: Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 158-174. https://doi.org/10.22236/JPPP_Vol2No2Hal158-174

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Muhammad Idrus, & Aswati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa . SELAMI IPS, 17(1), 61–70. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.73