Interaksi Sosial Masyarakat Multi Etnik di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan

Authors

  • Waode Yusria Universitas Halu Oleo
  • Karsadi Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Idrus Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.45

Keywords:

Interaksi Sosial, Masyarakat Multi Etnik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interaksi sosial yang ada pada masyarakat multi etnik di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan serta fatkor pendukung dan penghambat terjadinya interaksi sosial masyarakat multi etnik di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden penelitian ini adalah masing-masing satu orang masyarakat yang murni bersuku Jawa, suku Tolaki, suku Bugis, suku Muna dan suku Bali. Informan penelitian ini adalah Kepala Desa, Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik analisis data adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk interaksi sosial yang ada pada oleh masyarakat multi etnik di Desa Langgea adalah bentuk kerjasama dan menjadi yang paling dominan, bentuk asimilasi dan bentuk akomodasinya sudah terbilang baik dan tidak ada persaingan antara masyarakat etnik dalam bidang apapun, baik itu bidang ekonomi, bidang kebudayaan, persaingan untuk mencapai suatu kedudukan dan peranan yang tertentu dalam masyarakat serta tidak terjadi persaingan karena adanya perbedaan ras. Kemudian terdapat faktor pendukung terjadinya interaksi sosial masyarakat multi etnik yakni adanya toleransi, saling menghargai kebudayaan dan terjadi perkawinan campuran.Meskipun ada sedikit hambatan dalam melakukan interaksi sosial yakni ada beberapa masyarakat yang mengalami gangguan pendengaran dan organ bicara, namun hal tersebut sudah biasa terjadi karena adanya keterbatasan fisik dari orang tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asis, Abdul. 2018. Pola interaksi sosial masyarakat multietnik Di tomoni, kabupaten luwu timur Sosial interaction form of multiethnic societyIn tomoni, east luwu regency. Jurnal Walasuji volume 9, no. 1, juni 2018: 101—112.

Cahyono, Anang Sugeng. 2016. Pengaruh media sosial Terhadap perubahan sosial Masyarakat di indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Dudi, Josef. 2017. Pola interaksi masyarakat plural agama di kelurahan sei gohong Kecamatan bukit batu kota palangka raya provinsi kalimantan tengah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara Vol. 1 No. 2

Hafid, abdul. 2016. Hubungan Sosial Masyarakat Multietnik Di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal “Al-Qalam” Volume 22 Nomor 1 Juni 2016

Hidayat, Yusuf. 2013. Hubungan Sosial Antara Etnis Banjar Dan Etnis Madura Di Kota Banjarmasin. journal. unnes. ac. id Komunitas 5 (1): 87-922014.

Nurkolis, Noviani. 2015.Dampak keberadaan industri terhadap kondisi sosial ekonomi smasyarakat serta lingkungan Sekitar industri. Jurnal pendidikan 2 (11), 1515-1519

Rozy, Syafwan. 2013. Konstruksi Identitas Agama Dan Budaya Etnis Minangkabau Di Daerah PerbatasanPerubahan Identitas Dalam Interaksi Antaretnis Di Rao Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Jurnal Disertasi Masyarakat Indonesia 39.1: 215-245.

Suharno. 2019. Interaksi Sosial Etnis Cina-Jawa Kota Surakarta. Jurnal antropologi: isu-isu sosial budaya - vol. 21 no. 01 (june 2019).

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta:Cv Rajawali

Imam, Sujarwanto. 2012. Interaksi sosial antar umat beragama (studi kasus pada Masyarakat karangmalang kedungbanteng kabupaten Tegal). Journal of educational social studies Vol 1 No 2

Sumarni, Ester. 2016. Interaksi Sosial Kerja Sama Masyarakat Multietnis (Dayak, Madura, Melayu) Di Desa Kenaman Kecamatan Sekayam. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 2016, vol 5.7.

Susanti, Susi. 2019. Pola Interaksi Sosial antara Pedagang Pendatang Dan Lokal (Studi Di Pasar Mina-Minanga Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara). Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Waode Yusria, Karsadi, & Muhammad Idrus. (2021). Interaksi Sosial Masyarakat Multi Etnik di Desa Langgea Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. SELAMI IPS, 14(2), 9–20. https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.45

Most read articles by the same author(s)