Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah (Studi Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna)

Authors

  • Muhammad Safaruddin Universitas Halu Oleo
  • Salimin Afamery Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Karsadi Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v15i1.40

Keywords:

Kedisiplinan, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna. (2) Untuk mengetahui bagaimana Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 8 orang dan informan yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: (1) Pengamatan; (2) Wawancara; (3) Angket/kuesioner; (4) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Kondisi kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna. Kondisi kedisiplinan sejauh ini sudah membaik dan terlihat berbeda dengan tahun-tahun sesudahnya. hal tersebut dapat dilihat dari sebagian siswa yang hadir tiap harinya sudah taat akan tatatertib sekolah, hadir ke sekolah tepat waktu, mengerjakan piket sekolah dengan penuh tanggung jawab. Kedisiplinan siswa di sekolah tumbuh karna sekolah telah mempertegas pada tata tertib sekolah yang harus dipatuhi oleh setiap siswa Madrasah Aliyah Subulussalam agar tercapainya disiplin yang baik hingga melahirkan siswa/siswi yang berbakat untuk mengubah nasib untuk jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya. (2) Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna. Meningkatkan kedisiplinan siswa melalui keteladan guru di sekolah, guru sudah menyiapkan apa yang harus dilakukan untuk menunjang peningkatan kedisiplinan di sekolah berdasarkan tata tertib sekolah, sesuai tata tertib yang ada maka guru berupaya untuk terus mempertahankan atau meningkatkan kedisiplinan siswa setiap jam sekolah berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Rachman dan Murniati Agustian. (2016). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Jurnal Perkotaan Vol. 8 No. 2

Deni Sutisna, Dyah Indraswati dan Muhammad Sobri (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4, No. 2, P-ISSN: 2477-5940; E-ISSN: 2477-8435.

Hilpia, H. C. (2016). Penerapan Tata Tertib Pada Peserta Didik Dalam Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Sosialisasi, volume 3, no. 3. ISSN: 75-79.

Dewantara Ki Hajar. (2017). Riwayat Ki Hajar Dewanantara, Jakarta: Kebangkitan Nasional dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khristiyanta. (2015). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Karakter (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan, Kemendikbud Jalan Sorowajan Baru 367 Yogyakarta). Jurnal Kwangsan, vol. 3 No. 1, ISSN:45-57.

Miles, M.B, Huberman,A.M, (2014) Qualitative Data Analysi, A Methos sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press.

Putri Maysaroh. 2019. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di C9 School. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 13, No. 2, P-ISSN: 1978-936X; E-ISSN: 2528-0562

Rosma Elly. 2016. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh (Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah). Jurnal Pesona Dasar nol. 3 No.4, ISSN: 2337-9227.

Salam, M., & Angraini, I, (2018). kedisipinan Belajar siswa kelas V Di SDN 55/I Sridadi Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144. Http://doi.org/10.22437.v3i1.6777

Trisnawati, Destya Dwi. (2013). Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, volume 2, no. 1. ISSN: 397-411.

Tri Emalia, Alfira & Pribadi, F. (2019). Resistensi Disiplin Sekolah. Paradigma, Jurnal, volume 7, no. 2. ISSN: 3-5

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Muhammad Safaruddin, Salimin Afamery, & Karsadi. (2022). Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah (Studi Madrasah Aliyah Subulussalam Ghonsume Kecamatan Duruka Kabupaten Muna). SELAMI IPS, 15(1), 38–46. https://doi.org/10.36709/selami.v15i1.40

Most read articles by the same author(s)