Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa

Authors

  • Aqira Salsabila Universitas Halu Oleo
  • Salimin Afamery Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.76

Keywords:

Peran guru, sikap nasionalisme

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas X melalui mata pelajaran PPKn SMA Negeri 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas X melalui mata pelajaran PPKn dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas X melalui mata pelajaran PPKn menjadi sangat penting dalam pembentukan karakter siswa yang mempunyai rasa nasionalisme. Rasa nasionalisme yakni sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya siswa, sehingga dalam proses pembangunan menjadi modal penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Seorang guru dalam proses belajar mengajar bukanlah sekedar menyampaikan materi, tetapi juga harus berupaya agar materi pelajaran yang disampaikan juga menjadi kegiatan yang menyenangkan, serta dapat menumbuhkan nilai karakter pada diri siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Peran guru seabagai inspirator, informator, fasilitator, mediator dan evaluator dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa dilakukan dan diterapkan oleh guru PPKn sebagai pendidik dalam proses belajarmengajar di ruangan kelas. Penanaman nilai-nilai nasionalisme akan lebih efektif apabila dibarengi dengan teladan yang baik dari gurunya yang akan dijadikan contoh bagi anak didiknya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustomi. (2009). Pengaruh Pengembangan Profesionalisme Guru SMP Terhadap Peningakatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Aceh Timur. Tesis. Medan:Sekolah Pascasarjana, Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/34971

Erwin, M., (2011). Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=441623

Fibrianto, A. S., & Bakhri, S., (2017). Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 75-93. https://www.neliti.com/id/publications/255615/pelaksanaan-aktivitas-ekstrakurikuler-paskibrapasukan-pengibar-bendera-dalam-pe

Kohn, H. Nasionalisme: Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=64434

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Aqira Salsabila, & Salimin Afamery. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa . SELAMI IPS, 17(2), 85–89. https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.76