Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 3 Kolaka Timur
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.56Keywords:
Kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 3 Kolaka Timur. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di sekolah SMK Negeri 3 Kolaka Timur Kecematan Dangia Kabupaten Kolaka Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan analisis kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri kepala sekolah SMK Negeri 3 Kolaka Timur sebagai responden dan 6 perwakilan guru sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan yaitu pengumpulan data di lapangan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah baik dari 7 peranan dan fungsi kepala sekolah sudah terlaksana, yaitu dalam melaksanakan peranannya kepala sekolah sebagai edukator, kepala sekolah sebagai kepala sekolah sebagai manajer, Kepala sekolah sebagai Administrator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai inovator, dan kepala sekolah sebagai motivator. Kesimpulan penelitian ini adalah peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja guru merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan.
Downloads
References
Gaol, L. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73
Gazali, H, Ridho, M., & Gustituasi, N. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Singkarak. Journal of Education Reseacrh, 4(3), 1193-1201. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.354
Hidayat, A, Muspawi, M, Rahman, K.A. & Ronansyah, M.F. 2022. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 162-181. https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60500
Mumtaz, S, Rindaningsih, I., & Hidayatulloh. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru: Literature Review. Academic Journal Research, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.61796/acjoure.v1i1.12
Nabila, A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 9544-9549. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3930
Gawdy, P. A. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal of Administration and Educational Management, 1(2), 63-74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405
Sancoko, C.H. & Sugiarti, R. (2022). Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.37728/jpr.v7i1.486
Satriadi, D., (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Benefita, 1(3), 123-133. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.874
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1 (1), 41-54. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astriana Putri, Abdul Halim Momo, Salimin Afamery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.