Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Prestasi Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Waode Heni Asusilawati Universitas Halu Oleo
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo
  • Sulfa Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.81

Keywords:

Prestasi, ketuntasan belajar, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi ketuntasan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Maligano Pada Mata Pelajaran PPKn dan Untuk mendeskripsikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas x IPS 2 SMA Negeri 1 Maligano. Manfaat penelitian ini adalah (1) secara teoritis dan (2) secara praktis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan subjek. Subyek dan responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan 24 Siswa . pengumpulan data menggunakan (1) wawancara dan (2) dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Dari hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa faktorfaktor eksternal yang mempengaruhi ketuntasan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ppkn yaitu, faktor lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan faktor waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin & Wahyuni, E.N., (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Iranda, A.D., (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa dengan Variabel Moderating E-Learning. Jurnal Pendidikan Akuntasni Indonesia, 21(1), 19-40.

Rosyid, M.Z, dkk., (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 278-288. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Sugiyono. (2016) . Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Alfabeta.

Suprihatiningrum, J., (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wijono, S., (2014). Pendidikan dan Kewarganegaraan. Yogyakarta : PT Sekolah Tinggi pertahanan Nasional

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Waode Heni Asusilawati, Abdul Halim Momo, & Sulfa. (2024). Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Prestasi Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. SELAMI IPS, 17(2), 113–117. https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.81

Most read articles by the same author(s)