Implementasi Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa di SMP Negeri 4 Kabaena Timur
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.93Keywords:
Implementasi, karakter peduli sosial, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi nilai karakter peduli sosial di lingkungan SMP Negeri 4 Kabaena Timur. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data-data yang didapatkan di lapangan. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari siswa SMP Negeri 4 Kabaena Timur sebagai responden dan Kepala Sekolah serta Guru yang ada di SMP Negeri 4 Kabaena Timur sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa implementasi nilai karakter peduli sosial Pada Siswa di SMP Negeri 4 Kabaena Timur dilakukan dengan beberapa macam seperti sikap kasih sayang, tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial dan berakhlak sosial. Dari beberapa sikap peduli sosial sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan lagi. Faktor Pendukung Implementasi Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Kabaena Timur berupa lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat Implementasi Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Kabaena Timur berupa Internet, sarana hiburan, tayangan televisi dan masuknya kebudayaan barat.
Downloads
References
Arif, M., Rahmayanti, J.D., & Rahmawati, F.D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 289-308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Bahri, S., & Lestari, E. T. (2020). Implementasi Pengembangan Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Masyarakat Suku Madura Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 18-27. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4514
Darmiatun, S, D., (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Himmah, F., Tukidi, T., & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 17-25. https://doi.org/10.15294/sosiolium.vli2.36421
Isnaeni, Y., & Ningsih, T., (2021), Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(3), 38-49. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2255
Kementrian Pendidikan Nasional, (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembukuan.
Mustari, M., (2011) Nilai karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogykarta: Laksbang Pressindo.
Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, M.S. (2018). Impementasi Pendidkan Karakter. Surabaya. CV. Jakad Publishing.
Pitaloka, D.L, dkk., (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107-118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Rukanda, N, Nurhayati, S., & Ganda. (2020). Partisipasi karang taruna Terhadap Kegiatan Masyarakat Melalui Aksi Sosial. COMM-EDU: Community Education Jurnal, 3(2), 144-155. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4151
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kireni Shauma Fajrika Fitman, Irawaty (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.