Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Kompetensi Pedagogik di SMK Negeri 1 Kabupaten Buton Tengah

Authors

  • Emiliani Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo
  • Nerlin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.59

Keywords:

Kinerja, kompetensi pedagogik, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meggambarkan bagaimana kinerja guru dalam mewujudkan kompetensi pedagogik di SMK Negeri 1 Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai pelaksanaan kinerja guru dalam mewujudkan kompetensi pedagogik di SMK Negeri 1 Buton Tengah dengan menggunakan pedoman observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru di SMK Negeri 1 Buton Tengah belum maksimal sehingga guru diharapkan untuk lebih memperhatikan kompetensi yang dimiliki seperti: 1) menguasai karakteristik peserta didik; 2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran; 3) pengembangan kurikulum; 4) kegiatan pembelajaran yang mendidik; 5) pengembangan potensi peserta didik; 6) komunikasi peserta didik; dan 7) penilaian dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edy, A., (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui Supervisi Kunjungan Kelas di SMP Negeri 18 Dumai. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(4): 860-861. https://doi.org/ 10.33578/pjr.v3i4.7519

Husna Asmara, 2015. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, F.N.D. (2010). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).

NaniImaniyati & Kusuma, P.A.D., (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 204-213. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v2i2.8109

Rasto & Koswari (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 62-63. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v1i1.3269

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. RajaGrafinda Persada.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suprihatiningrum, J., (2013). Guru Professional Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Sertifikasi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Emiliani, Wa Ode Hijrah, & Nerlin. (2024). Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Kompetensi Pedagogik di SMK Negeri 1 Kabupaten Buton Tengah. SELAMI IPS, 17(1), 18–23. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.59

Most read articles by the same author(s)