Peranan Guru Pada Implementasi Kuriklum Merdeka Pada Komponen Pembuatan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Di SMP Negeri 10 Kendari

Authors

  • Titin Adicita Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i2.35

Keywords:

Peranan guru, , kurikulum merdeka, modul ajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru pada implementasi kurikulum merdeka pada komponen pembuatan modul ajar pembelajaran pendidikan Pancasila di SMP Negeri 10 Kendari dan hambatan peranan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada komponen pembuatan modul ajar pembelajaran pendidikan Pancasila di SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, responden dalam penelitian ini terdiri dari guru Pendidikan Pancasila sedangkan informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan wakasek kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan guru pada implementasi kurikulum merdeka pada komponen pembuatan modul ajar pembelajaran pendidikan Pancasila yaitu: (1) menentukan capaian pembelajaran, (2) menentukan tujuan pembelajaran, (3) menentukan alur tujuan pembelajaran, (4) melaksanakan asesmen,  (5) merevisi modul (6) melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, H.R.A., Aufa., Khairunnisa, L., & Wenni, S. A. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 10 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). 7411-7419. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9513

Idrus, M., & Hamuni. (2021). Kompetensi dan Kepribadian Guru Menjadi Guru Yang Dicintai dan Diteladani Siswa. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Pemerintah Nomor. 4 Tahun 2022 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor. 57 Tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi PAI, 6(1), 92-106. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537

Sukmadinata, S. N. (2008). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, B. H., Atmowidjoyo, S. & Nina, L. (2019). Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Bandung. PT. RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Titin Adicita, Hamuni, & Wa Ode Hijrah. (2023). Peranan Guru Pada Implementasi Kuriklum Merdeka Pada Komponen Pembuatan Modul Ajar Pendidikan Pancasila Di SMP Negeri 10 Kendari. SELAMI IPS, 16(2), 109–113. https://doi.org/10.36709/selami.v16i2.35

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>