Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Siswa Di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Sa'dia Faradilla Universitas Halu Oleo
  • Hamuni Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.85

Keywords:

Implementasi, karakter religius, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan sekolah SMK Negeri 2 Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan SMK Negeri 2 Kolaka dengan menggunakan pedoman wawacara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan SMK Negeri 2 Kolaka dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan yaitu: melaksanakan ibadah berdasarkan agama yang dianut, dengan bentuk beribadah dengan ikhlas, dzikir dan doa bersama, serta pembiasaan sholat jumat bagi siswa laki-laki yang beragama islam. Menanamkan sikap kejujuran, selalu bertanggung jawab, ramah, sopan dan santun serta ikhlas dalam tolong menolong. Pembiasaan karakter toleransi dengan menanamkan sikap menghargai satu sama lain dan tidak membeda-bedakan teman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrachman, R., & Makhful, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Alhamra Jurnal Studi Islam, 1(2), 142. https://doi.org/10.30595/ajsi.vli2.1103

Arofah, L., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(02), 18-19. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14992

Asmani, J.M., (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Diva Press. Azwar, K., (2017). Program FDS Dorong Pendidikan Karakter. Retrieved August 20, 2023. From https://www.republika.co.id

Cahyono, H., (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. https://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.81

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pres.

Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Pembentukan karakter religius melalui program hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 118. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4323

Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial: Antara Teori Dan Praktek. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Retrieved August 20, 2023. From https://www.kemdikbud.go.id

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zaman, B. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Agama, 18(2), 273. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.88

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Sa'dia Faradilla, & Hamuni. (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Siswa Di Lingkungan Sekolah . SELAMI IPS, 17(2), 132–137. https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.85