Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Siswa Di Lingkungan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.85Keywords:
Implementasi, karakter religius, siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan sekolah SMK Negeri 2 Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan SMK Negeri 2 Kolaka dengan menggunakan pedoman wawacara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada siswa di lingkungan SMK Negeri 2 Kolaka dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan yaitu: melaksanakan ibadah berdasarkan agama yang dianut, dengan bentuk beribadah dengan ikhlas, dzikir dan doa bersama, serta pembiasaan sholat jumat bagi siswa laki-laki yang beragama islam. Menanamkan sikap kejujuran, selalu bertanggung jawab, ramah, sopan dan santun serta ikhlas dalam tolong menolong. Pembiasaan karakter toleransi dengan menanamkan sikap menghargai satu sama lain dan tidak membeda-bedakan teman.
Downloads
References
Abdurrachman, R., & Makhful, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 5 Purbalingga. Alhamra Jurnal Studi Islam, 1(2), 142. https://doi.org/10.30595/ajsi.vli2.1103
Arofah, L., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(02), 18-19. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14992
Asmani, J.M., (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Diva Press. Azwar, K., (2017). Program FDS Dorong Pendidikan Karakter. Retrieved August 20, 2023. From https://www.republika.co.id
Cahyono, H., (2015). Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa (Sebuah Studi di SDN 1 Polorejo). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. https://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.81
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pres.
Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Pembentukan karakter religius melalui program hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 118. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4323
Karsadi. (2018). Metodologi Penelitian Sosial: Antara Teori Dan Praktek. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Retrieved August 20, 2023. From https://www.kemdikbud.go.id
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zaman, B. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Agama, 18(2), 273. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.88
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sa'dia Faradilla, Hamuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.