Pemahaman Tokoh Agama Pendeta Terhadap Sikap Toleransi Beragama Di HKBP Pardamean Jalan Taduan Medan
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.71Keywords:
Pemahaman agama, tokoh agama, toleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sikap toleransi beragama pada lingkungan sekitar gereja HKBP Pardamean Medan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya untuk saling menjaga sikap toleransi beragama. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agamanya, para tokoh agama dapat menjadi teladan bagi umatnya dalam mempraktekkan sikap toleransi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara yaitu mewawancarai secara langsung tokoh agama untuk mengetahui bagaimana dalam memberikan pemahaman terhadap sikap toleransi di Gereja HKBP Pardamean Jalan Taduan Medan. Teknik analisis data yang digunakann adalah analisis domain, yaitu dangan mengolah data yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian penunjukkan bahwa tokoh agama telah berhasil memahami dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan toleran, di mana perbedaan agama diterima dan dihormati seperti pengakuan agama lain untuk dapat melaksanakan ibadah. Hal ini menunjukkan bahwa adanya sikap toleransi beragama di lingkungan HKBP Pardamean Jalan Taduan Medan.
Downloads
References
Anas, M. A., & Rofiq, A. (2021). Strategi Komunikasi Tokoh Agama dalam Membina Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(1), 30-41. https://doi.org/10.55352/kpi.v3i1.230
Azzahra, A.A. & Dewi, D.A. (2021). Toleransi Pada Warga Negara di Indonesia Berlandaskan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(6), 173-178. https://doi.org/10.56393/decive.v1i6.229
Budi, M. H. S. (2019). Agama dan Toleransi: Toleransi Umat Beragama dalam Menjalin Kerukunan. Proceeding: Faqih Asy’ari Islamic Institute International Conference (FAI3C), 2, 152-177. https://proceeding.iaifa.ac.id/index.php/FAI3C/article/view/12
Djam'annuri. (2003). Studi Agama-Agama. Yogyakarta: Pustaka Rihlah.
Hadori, M. (2018). Sosiologi Dakwah, Kajian Teori Sosiologi, Al-Qur’an dan Al’Hadits. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Istia, A.P, dkk., (2020). Pendeta dalam Konstruksi Sosial Masyarakat Agama. Komunitas: Jurnal Ilmu Sosiologi, 3(1), 60-72. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/komunitas/article/download/2533/2156
Kawung, J., Lahamendu, N., & Langi, F. M. (2022). Memahami Firman Tuhan dalam Pendekatan Logika: Refleksi Praktis Menggali Makna Firman Tuhan. Tumou Tou, 9(2), 73-83. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/tumoutou/article/view/881
Lestari, J. (2020). Pluralisme Agama di Indonesia: Tantangan dan Peluang bagi Keutuhan Bangsa. Jurnal Wahana Akademika, 6(1), 29-37. https://doi.org/10.21580/wa.v6i1.4913
Marpuah. (2019).Toleransi dan Interaksi Sosial Antar Pemeluk Agama di Cigugur, Kuningan. Harmoni: Jurnal Multicultural and Multireligious, 18(2), 260-281. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.309
Napitupulu M. (2022).Peran Kitab Keagamaan (Alkitab) Sebagai Upaya Membangun Toleransi dalam Konflik Umat Beragama di Indonesia. Jurnal Christian Humaniora, 6(1), 149-166. https://doi.org/10.46965/jch.v6i1.1522
Neliwati, Rizal, S. & Hemawati. (2022). Peranan Tokoh Agama dalam Meningkatkan Motivasi Pelaksanaan Keagamaan Masyarakat. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 32-43. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6233
Rahayaan, R, Mu’alim M. & Usman, S.Y. (2022). Pandangan Tokoh Muslim dan Protestan Kota Ambon Terhadap Moderasi Beragama. Jurnal Al-Muqaranah, 1(1), 52-63. https://iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/am/article/view/3444
Rogiki, A., (2022). Toleransi Antarumat Beragama di Papua. Yogyakarta: Jejak Pustaka
Saragih, D. ( 2021). Hubungan Literasi Pancasila dalam Pendidikan Indonesia yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 46-52. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/207
Sari. R, dkk., (2022). Merawat Sikap Toleransi Beragama di Tengah Masyarakat Majemuk. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sihotang A.M. (2018). Panggilan dan Pelayanan Dalam Konteks Bergereja Di HKBP. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. 4(1), 35-41. https://doi.org/10.51689/it.v4i1.145
Sirait R. (2021). Unity In Diversity: Respon Gereja Suara Kebenaran Injil di Kota Medan dalam Merawat Kemajemukan. Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral, 2(2), 121-135. https://doi.org/10.46408/vxd.v2i2.111
Solong, N. (2022). Pendidik Lintas Agama dan Toleransi Beragama. Sulawesi Tengah: Cv: Feniks Muda Sejahtera.
Sulistyana, J, Sukarti & Ngadat. (2019). Peran Tokoh Agama dalam Membangun Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Buyolali. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial dan Agama. 5(2), 36-51. https://doi.org/10.53565/pssa.v5i1.46
Syamsurijal. (2018). Toleransi yang Canggung; Menyingkap Toleransi Beragama Kelompok Kristen di Samarinda. Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan, 6(1), 1-26. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i1.31
Vinkasari, E., Cahyani, E.T, Akbar, F.D. & Santoso, A.PA. (2020). Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia untuk Mempertahankan Kerukunan. Prosiding HUBISINTEK, 1, 67-71. https://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/980
Wewo, J.A. (2022). Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Terhadap Pentingnya Toleransi Beragama Di Kota Kupang. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 2(1), 87-94. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1286
Wibisono. M, dkk., (2022). Persepsi dan Praktik Toleransi Beragama. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Wibowo, T. (2016). Peran Tokoh Agama dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(4), 844-858. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.p%25p
Zulkarnain & Haq, Z. (2020). Pengaruh Fanatisme Keagamaan Terhadap Perilaku Sosial. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 35(1), 25-38. https://doi.org/10.30631.01.25-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisa Pinem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.