Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Hasil Belajar PKn Siswa di MTs Bina Cendekia Tampo

Authors

  • Faisal Universitas Halu Oleo
  • Sulfa Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Hijrah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.90

Keywords:

Faktor internal dan eksternal, hasil belajar PKn, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi ketidaktuntasan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII dan VIII MTs Bina Cendekia Tampo Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di MTs Bina Cendekia Tampo. Responden penelitian ini adalah sebanyak 7 orang siswa yang mengalami ketidaktuntasan hasil belajarnya yang ada di MTs Bina Cendekia Tampo yang tersebar dalam 2 kelas yaitu kelas VII berjumlah 3 orang dan VIII berjumlah 4 orang. Informan penelitian ini adalah berjumlah 4 orang yang  terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru PKn, 1 orang wali kelas VII, dan 1 orang wali kelas VIII. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi ketidaktuntasan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII dan VIII MTs Bina Cendekia Tampo Kabupaten Muna adalah faktor keluarga meliputi relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, dan keaadaan ekonomi keluarga; faktor sekolah meliputi metode mengajar dan metode belajar; serta faktor masyarakat seperti teman bergaul dan mass media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor keluarga meliputi relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, dan keadaan ekonomi keluarga; faktor sekolah meliputi seperti metode mengajar dan metode belajar; serta faktor masyarakat meliputi teman bergaul dan mass media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khafid, M. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi: Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1). https://doi.org/10.15294/lik.v37i1.515

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. 2020, “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang”, Jurnal Bintang, 2(3), 418-430.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Palempung, F. F., & Sumual, F. J. (2021). Dampak Metode Pembelajaran Dari bagi Ketuntasan Belajar Siswa. TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 117-129. https://doi.org/10.53674/teleios.v1i2.38

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Ratnafuri, I., & Muslihati, M. 2020, “Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19”, In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (pp. 16-22).

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696

Yohana, C./1021, ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Aksara’, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 89-102. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.89-102.2021

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Faisal, Sulfa, & Wa Ode Hijrah. (2025). Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Hasil Belajar PKn Siswa di MTs Bina Cendekia Tampo . SELAMI IPS, 18(1), 21–26. https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.90

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>