Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Hasil Belajar PKn Siswa di MTs Bina Cendekia Tampo
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.90Keywords:
Faktor internal dan eksternal, hasil belajar PKn, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi ketidaktuntasan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII dan VIII MTs Bina Cendekia Tampo Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di MTs Bina Cendekia Tampo. Responden penelitian ini adalah sebanyak 7 orang siswa yang mengalami ketidaktuntasan hasil belajarnya yang ada di MTs Bina Cendekia Tampo yang tersebar dalam 2 kelas yaitu kelas VII berjumlah 3 orang dan VIII berjumlah 4 orang. Informan penelitian ini adalah berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru PKn, 1 orang wali kelas VII, dan 1 orang wali kelas VIII. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi ketidaktuntasan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII dan VIII MTs Bina Cendekia Tampo Kabupaten Muna adalah faktor keluarga meliputi relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, dan keaadaan ekonomi keluarga; faktor sekolah meliputi metode mengajar dan metode belajar; serta faktor masyarakat seperti teman bergaul dan mass media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor keluarga meliputi relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, dan keadaan ekonomi keluarga; faktor sekolah meliputi seperti metode mengajar dan metode belajar; serta faktor masyarakat meliputi teman bergaul dan mass media.
Downloads
References
Khafid, M. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi: Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1). https://doi.org/10.15294/lik.v37i1.515
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. 2020, “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang”, Jurnal Bintang, 2(3), 418-430.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Palempung, F. F., & Sumual, F. J. (2021). Dampak Metode Pembelajaran Dari bagi Ketuntasan Belajar Siswa. TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 117-129. https://doi.org/10.53674/teleios.v1i2.38
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Ratnafuri, I., & Muslihati, M. 2020, “Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19”, In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (pp. 16-22).
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696
Yohana, C./1021, ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Aksara’, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 89-102. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.89-102.2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faisal, Sulfa, Wa Ode Hijrah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.