Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas VIII Melalui Media Quizizz di SMP Negeri 10 Malang

Authors

  • Wa Ode Reni Universitas Halu Oleo
  • SM Rizka Ernindita SMP Negeri 10 Malang
  • La Sabari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.84

Keywords:

Hasil belajar PKn, media quizizz, siswa

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn kelas VIII-E di SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Penelitian ini bermaksud mengungkapkan suatu upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn kelas VIII E di SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan media pembelajaran Quizizz. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan pembelajaran PKn, hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 49,7 setelah dilaksanakan pada siklus I meningkat menjadi 69,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,7. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Draganidis, F. & Mentzas, G. (2006), "Competency based management: a review of systems and approaches", Information Management & Computer Security, Vol. 14 No. 1, pp. 51-64. Dari, https://doi.org/10.1108/09685220610648373

Fynata, Tisia S., dkk. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match dan Card Sort Berbantuan Puzzle Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta didik Kelas 4 SD. Jurnal Sains dan Teknologi. Dari, http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/411

Jon, J. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Kuliah Psikologi Umum di Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang. Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 11(1), 55-67.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, A. Dkk., (2019). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Wa Ode Reni, SM Rizka Ernindita, & La Sabari. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas VIII Melalui Media Quizizz di SMP Negeri 10 Malang . SELAMI IPS, 17(2), 127–131. https://doi.org/10.36709/selami.v17i2.84