Peran Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kendari

Authors

  • Rata Jaya Universitas Halu Oleo
  • Andi Syahrir Universitas Halu Oleo
  • Samiruddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.58

Keywords:

Peran guru, disiplin belajar, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru SMP Negeri 14 Kendari dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 14 Kendari dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa dilaksanakan pada penerapan disiplin waktu dan disiplin perbuatan. Disiplin waktu, guru memberikan bimbingan berupa pemahaman serta nasehat kepada siswa yang melanggar akan pentingnya menjadi pribadi yang disiplin. Disiplin perbuatan, guru memberikan bimbingan berupa pemahaman serta nasehat kepada siswa yang melanggar akan pentingnya menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeng, H. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education. 4(2), 86-97. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Canggih, K dan S. (2018). Peran Guru dalam Menanamkan Krakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 131-140. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i2.656

Edy, S dan M. (2017). Peranan Pendidik Ips Saebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkat7kan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Peserta Didik SMP, Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 01-13. https://doi.or0g/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Elly, S. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif, 7(1), 11-24. https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9363

Heriansyah. (2018). Guru Adalah Manager Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1), 116-127. http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Hizrah A, Abdul H M, dan Wa Ode H. (2021). Peran Guru dalam Membina Moral Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina. Selami IPS, vol 14(1), 28-35. http://dx.doi.org/10.36709/selami.v14i1.18452

Johanes. (2017). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Rewerd And Punishment di SD N Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Nasional, 1(2), 58-69. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903

Latifa, H. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. I-Yogyakarta.

Marta, D R, Gisela N dan Petrus K. (2021). Peran Guru PKN dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 08(01), 49-56. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722

Muhammad, Arifin. (2017). Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi, Jurnal Edutech, 3 (1), 117-132. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.990

Ria, S J. (2015). Peran Motivasi Dan Disiplin Dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Bidang Studi IPS, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(3), 275-286. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v1i3.364

Siska, Y. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19987

Sulha dan Marsianus G. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (2), 72-79. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4274

Nurdin dan Adriantoni. (2019). Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Press.

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU RI NO 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yuhasnil dan Yandi A. (2021). Peranan Guru dalam Meningkatkan Belajar Siswa Studi Kasus Pada Siswa yang Bermasalah. Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), 58-68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Rata Jaya, Andi Syahrir, & Samiruddin. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kendari. SELAMI IPS, 17(1), 13–17. https://doi.org/10.36709/selami.v17i1.58