Peranan Perangkat Desa dalam Pelayanan Surat-Menyurat (Studi di Desa Pallimae Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana Tahun 2022)

Authors

  • Musdar Musdar Universitas Halu Oleo
  • Samiruddin Tarwan Universitas Halu Oleo
  • Andi Syahrir Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.26

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan perangkat desa dalam pelayanan surat-menyurat di Desa Pallimae Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara jelas permasalahan dalam penelitian yang berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lokasi penelitian. Subjek penelitian terdiri dari responden sebanyak 9 orang perangkat desa sedangkan informan terdiri dari kepala desa dan 7 orang masyarakat yang pernah mendapat pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 jenis surat yang diuraikan terdapat 8 jenis surat yang terlaksana terdiri dari surat keterangan lahir, surat keterangan menikah, surat pengantar surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan domisili, surat pengantar perkawinan, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu dan surat permohonan kartu keluarga warga negara Indonesia. Selain itu ditemukan juga beberapa surat keterangan lainnya seperti surat keterangan usaha, surat keterangan kematian, surat keterangan penghasilan orang tua, surat keterangan mahar, surat keterangan jual beli, surat keterangan pindah datang Warga Negara Indonesia dan surat keterangan bebas sengketa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Samiruddin Tarwan, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Andi Syahrir, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Musdar, M., Tarwan, S., & Andi Syahrir. (2023). Peranan Perangkat Desa dalam Pelayanan Surat-Menyurat (Studi di Desa Pallimae Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana Tahun 2022). SELAMI IPS, 16(1), 54–61. https://doi.org/10.36709/selami.v16i1.26