Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 10 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v18i1.94Keywords:
Peran guru, disiplin belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimanakah Peran Guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari; 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. model analisis data yang digunakan adalah Interaktif Miles & Huberman. Subjek penelitian ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari 1 orang Guru PPKn Kelas VIII serta 10 orang siswa sebagai Responden dan Kepala SMP Negeri 10 Kendari, Guru PPKn Kelas IX dan Guru BK kelas VIII sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yaitu: guru PPKn berperan sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, sebagai mediator, sebagai fasilitator, sebagai evaluator dan terakhir peran guru sebagai motivator untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dikelas. Adapun faktor pendukung dalam peningkatan kedisiplinan belajar siswa dikelas adalah kesadaran dari siswa itu sendiri dan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran siswa, pengaruh teman sebaya serta kurangnya perhatian orang tua.
Downloads
References
Arianti. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 2(12), 117-134. https://doi.org/10.30863/Didaktika.V12i2.181
Adison, dkk., (2022). Gambaran Bentuk Disiplin Peserta Didik Di Kelas VII SMP Negeri 1 Koto XI Tarusan. Journal on Education, 5(1), 11-19. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.722
Marta, K. A. (2021). Peranan Guru PPKn SMA Negeri 2 Playen Gunungkidul Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga (KKO). Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan dan Hukum, 10(1), 100–110. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17320/16720
Masunggang, E.B, dkk., (2022). Perindustrian Ekonomi Kreatif dan Penanaman Modal Usaha Kecil Menengah di Tanjungpinang. Prosding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 665–677. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_LP2M_UST/article/view/496
Maysaroh. 2019. "Upaya Guru dalam meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di C9 School", Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 71-80. https://Doi.Org/10.26877/Mpp.V13i2.4781
Murni Verasiana, dkk. 2022. "Peran Guru Ppkn Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kedisiplinan Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Cibal, Kec Cibal, Kab Manggarai)", Jurnal media komunikasi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 4(1), 49–57. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/view/1520
Gunawan M Hadi, dkk. 2020. “Upaya Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa: Studi Di SMKN 1 Kuripan Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.2 No.1: 11-14. http://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/35
Hudaya, Adeng. 2018. “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik”. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Tindangen, dkk., (2020). Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa).” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(3), 79–87. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/30644
Rince, dkk., (2021). Peran Guru PKn dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 49–56. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722
Sundari, F., (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan. Journal lppm Unindra, 1(1), 60-76. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1665
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zaina Khuld Nakhwah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.