Kajian Ekologi Sastra Dalam Cerita Rakyat Kongga Owose dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.50Keywords:
Ekologi, Cerita Rakyat, PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hubungan unsur ekologi cerita rakyat Kongga Owose yang meliputi lingkungan secara fisik. Ekologi sastra penting implikasinya terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan mendeskripsikan unsur-unsur ekologi sastra dalam cerita rakyat Kongga Owose serta implikasinya terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data didasarkan pada pendekatan deskiptif, pendekatan fungsional dan pendekatan evolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cerita rakyat Kongga Owose memiliki kesan sastra ekologi yang mendalam dengan pendekatan dekriptif, fungsional, dan evolusi. Cerita ini merupakan salah satu materi pembelajaran yang di ajarkan di sekolah-sekolah dasar yang ada di Kabupaten Kolaka yang diajarkan dalam mata pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Tolaki Mekongga) di kelas 4 (Empat). Cerita rakyat mengandung nilai-nilai moral yang dapat diajarkan kepada peserta didik. Nilai-nilai moral tersebut adalah nilai-nilai sosial, religius, patriotik dan budaya.
Downloads
References
Damhuri, D., Sejati, A. E., & Hidayati, D. N. (2018). Adaptation of farmers in rice cultivation at dry season in gunungsari village (Bojonegoro-East Java) for learning source. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 0(0), 93–99. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/4737
Djuwarijah, S., Bahasa, K., & Tenggara Barat, N. (2019). Leksikon Hewan Pada Ama Samawa, Kajian Semantik Kognitif. Humanitatis Journal on Language and Literature, 6(1), 97–108. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/humanitatis/article/view/597
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263
Ekawati. (2017). Klausa Verbal Bahasa Menui. In Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) (Vol. 3, Issue 3). https://doi.org/10.36709/JB.V3I3.2286
Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E. (2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school. Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903
Henseler, J. (2017). Bridging Design and Behavioral Research With Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of Advertising, 46(1), 178–192. https://doi.org/10.1080/00913367.2017.1281780
HL, N. I., Saputra, I. G. P. ., & Sejati, A. . (2020). Developing Teaching Material Bajo’s Local Wisdom Sea Preservation Thomson-Brooks/Cole Model. JPI, 9(3), 355–367. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.23234
Kalsum, U., Konisi, L. Y., & Ino, L. (2019). Deiksis dalam novel hujan bulan juni karya sapardi djoko damono. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3), 415. https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10751
Kasnar, S., Hasan, M., Arfin, L., & Sejati, A. E. (2019). Kesesuaian pemetaan daerah potensi rawan banjir metode overlay dengan kondisi sebenarnya di kota Kendari. Tunas Geografi, 8(2), 85–92. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i2.15088
Leksono, A. S. 2007. Ekologi: Pendekatan Deskriptif dan Kuantitatif. Malang: Bayumedia Fublishing
Nugroho, A. (2017). Komunitas Muda Urban Mengelola Sampah: Kajian Partisipatoris Gerakan Peduli Sampah Nasional di Kota Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(1), 106. https://doi.org/10.22146/jps.v4i1.23633
Nurjamiaty. (2015). Pemerolehan bahasa anak usia tiga tahun berdasarkan tontonan kesukaannya ditinjau dari kontruksi semantik. In Jurnal Edukasi Kultura (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/5180
Nursalam, L. O., Arisona, A., Ramli, R., Harudu, L., Kasmiati, S., Harianto, E., Ikhsan, F. A., & Sejati, A. E. (2019). Mapping of subsurface geological structure and land cover using microgravity techniques for geography and geophysic surveys: A case study of Maluri Park, Malaysia. Geosfera Indonesia, 4(3), 280–290. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i3.13738
Nursalam, L. O., Harianto, E., Hasan, M., & Sejati, A. E. (2019). Nilai-nilai dalam aktualisasi peningkatan karakter kepedulian lingkungan mahasiswa. Tunas Geografi, 8(2), 151–160. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i2.17190
Prasetyo, B. E., Mansyur, M., Ikhsan, F. A., & Sejati, A. E. (2020). Analisis kelongsoran pengembangan ruas jalan bujangga pinggiran sungai segah kota tanjung redep kabupaten berau. Tunas Geografi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.24114/tgeo.v9i1.17366
Reenjaan, M. R. (2014). Leksikon bahasa kei dalam lingkungan kelautan: kajian ekolinguistik. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 21(2014). https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/21891
Sejati, A E, Kasmiati, S., & Ikhsan, F. A. (2019). The relationship between learning process interactions and student’s learning outcomes in environmental sustainability matter geography-social science education subject. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 282(2019), 012026. https://doi.org/10.1088/1755-1315/382/1/012026
Sejati, Andri Estining, Amaluddin, L. O., Hidayati, D. N., Kasmiati, S., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2017). The effect of outdoor study on the geography scientific paper writing ability to construct student character in senior high school. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017), 104–108. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.22
Sejati, Andri Estining, & Daryono, D. (2013). Adaptasi petani dalam budidaya pertanian pada musim penghujan dan kemarau di desa Gunungsari kecamatan Baureno kabupaten Bojonegoro. Swara Bhumi, 2(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/3227
Sejati, Andri Estining, Karim, A. T. A., & Tanjung, A. (2020). The Compatibility of a GIS Map of Landslide-Prone Areas in Kendari City Southeast Sulawesi with Actual Site Conditions. Forum Geografi, 34(1). https://doi.org/10.23917/forgeo.v34i1.10582
Sejati, Andri Estining, Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi untuk meningkatkan karakter cinta lingkungan. Prosising Nasional Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=ACCyqpUAAAAJ#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DACCyqpUAAAAJ%26citation_for_view%3DACCyqpUAAAAJ%3ATyk-4Ss8FVUC%26tzom%3D-480
Setyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa-Kedua. At Ta’dib, 8(2), 75. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504
Sudirma, S. A., Suud, F. M., & Sari, D. P. (2019). Dilatasi memori; leksikon bahasa inggris melalui musik. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 2(2), 96–104. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/846
Sukariani, G. A. M., Dinar, S. S., & Ino, L. (2019). Deiksis dalam novel kidung dari negeri apung karya arsyad salam. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(2), 203. https://doi.org/10.36709/jb.v4i2.10734
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Ihzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.