Kajian Ekologi Sastra Dalam Cerita Rakyat Kongga Owose dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Ihzan Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.50

Keywords:

Ekologi, Cerita Rakyat, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hubungan unsur ekologi cerita rakyat Kongga Owose yang meliputi lingkungan secara fisik. Ekologi sastra penting implikasinya terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan mendeskripsikan unsur-unsur ekologi sastra dalam cerita rakyat Kongga Owose serta implikasinya terhadap pembelajaran di Sekolah Dasar.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data didasarkan pada pendekatan deskiptif, pendekatan fungsional dan pendekatan evolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cerita rakyat Kongga Owose memiliki kesan sastra ekologi yang mendalam dengan pendekatan dekriptif, fungsional, dan evolusi. Cerita ini merupakan salah satu materi pembelajaran yang di ajarkan di sekolah-sekolah dasar yang ada di Kabupaten Kolaka yang diajarkan dalam mata pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Tolaki Mekongga) di kelas 4 (Empat). Cerita rakyat mengandung nilai-nilai moral yang dapat diajarkan kepada peserta didik. Nilai-nilai moral tersebut adalah nilai-nilai sosial, religius, patriotik dan  budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damhuri, D., Sejati, A. E., & Hidayati, D. N. (2018). Adaptation of farmers in rice cultivation at dry season in gunungsari village (Bojonegoro-East Java) for learning source. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 0(0), 93–99. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/4737

Djuwarijah, S., Bahasa, K., & Tenggara Barat, N. (2019). Leksikon Hewan Pada Ama Samawa, Kajian Semantik Kognitif. Humanitatis Journal on Language and Literature, 6(1), 97–108. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/humanitatis/article/view/597

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263

Ekawati. (2017). Klausa Verbal Bahasa Menui. In Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) (Vol. 3, Issue 3). https://doi.org/10.36709/JB.V3I3.2286

Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E. (2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school. Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903

Henseler, J. (2017). Bridging Design and Behavioral Research With Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of Advertising, 46(1), 178–192. https://doi.org/10.1080/00913367.2017.1281780

HL, N. I., Saputra, I. G. P. ., & Sejati, A. . (2020). Developing Teaching Material Bajo’s Local Wisdom Sea Preservation Thomson-Brooks/Cole Model. JPI, 9(3), 355–367. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.23234

Kalsum, U., Konisi, L. Y., & Ino, L. (2019). Deiksis dalam novel hujan bulan juni karya sapardi djoko damono. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3), 415. https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10751

Kasnar, S., Hasan, M., Arfin, L., & Sejati, A. E. (2019). Kesesuaian pemetaan daerah potensi rawan banjir metode overlay dengan kondisi sebenarnya di kota Kendari. Tunas Geografi, 8(2), 85–92. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i2.15088

Leksono, A. S. 2007. Ekologi: Pendekatan Deskriptif dan Kuantitatif. Malang: Bayumedia Fublishing

Nugroho, A. (2017). Komunitas Muda Urban Mengelola Sampah: Kajian Partisipatoris Gerakan Peduli Sampah Nasional di Kota Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(1), 106. https://doi.org/10.22146/jps.v4i1.23633

Nurjamiaty. (2015). Pemerolehan bahasa anak usia tiga tahun berdasarkan tontonan kesukaannya ditinjau dari kontruksi semantik. In Jurnal Edukasi Kultura (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/5180

Nursalam, L. O., Arisona, A., Ramli, R., Harudu, L., Kasmiati, S., Harianto, E., Ikhsan, F. A., & Sejati, A. E. (2019). Mapping of subsurface geological structure and land cover using microgravity techniques for geography and geophysic surveys: A case study of Maluri Park, Malaysia. Geosfera Indonesia, 4(3), 280–290. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i3.13738

Nursalam, L. O., Harianto, E., Hasan, M., & Sejati, A. E. (2019). Nilai-nilai dalam aktualisasi peningkatan karakter kepedulian lingkungan mahasiswa. Tunas Geografi, 8(2), 151–160. https://doi.org/10.24114/tgeo.v8i2.17190

Prasetyo, B. E., Mansyur, M., Ikhsan, F. A., & Sejati, A. E. (2020). Analisis kelongsoran pengembangan ruas jalan bujangga pinggiran sungai segah kota tanjung redep kabupaten berau. Tunas Geografi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.24114/tgeo.v9i1.17366

Reenjaan, M. R. (2014). Leksikon bahasa kei dalam lingkungan kelautan: kajian ekolinguistik. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 21(2014). https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/21891

Sejati, A E, Kasmiati, S., & Ikhsan, F. A. (2019). The relationship between learning process interactions and student’s learning outcomes in environmental sustainability matter geography-social science education subject. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 282(2019), 012026. https://doi.org/10.1088/1755-1315/382/1/012026

Sejati, Andri Estining, Amaluddin, L. O., Hidayati, D. N., Kasmiati, S., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2017). The effect of outdoor study on the geography scientific paper writing ability to construct student character in senior high school. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017), 104–108. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.22

Sejati, Andri Estining, & Daryono, D. (2013). Adaptasi petani dalam budidaya pertanian pada musim penghujan dan kemarau di desa Gunungsari kecamatan Baureno kabupaten Bojonegoro. Swara Bhumi, 2(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/3227

Sejati, Andri Estining, Karim, A. T. A., & Tanjung, A. (2020). The Compatibility of a GIS Map of Landslide-Prone Areas in Kendari City Southeast Sulawesi with Actual Site Conditions. Forum Geografi, 34(1). https://doi.org/10.23917/forgeo.v34i1.10582

Sejati, Andri Estining, Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi untuk meningkatkan karakter cinta lingkungan. Prosising Nasional Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=ACCyqpUAAAAJ#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DACCyqpUAAAAJ%26citation_for_view%3DACCyqpUAAAAJ%3ATyk-4Ss8FVUC%26tzom%3D-480

Setyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa-Kedua. At Ta’dib, 8(2), 75. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Sudirma, S. A., Suud, F. M., & Sari, D. P. (2019). Dilatasi memori; leksikon bahasa inggris melalui musik. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 2(2), 96–104. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/846

Sukariani, G. A. M., Dinar, S. S., & Ino, L. (2019). Deiksis dalam novel kidung dari negeri apung karya arsyad salam. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(2), 203. https://doi.org/10.36709/jb.v4i2.10734

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Nur Ihzan. (2021). Kajian Ekologi Sastra Dalam Cerita Rakyat Kongga Owose dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. SELAMI IPS, 14(2), 52–64. https://doi.org/10.36709/selami.v14i2.50