DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA REMAJA DESA POLA KECAMATA PASIR PUTIH KABUPATEN MUNA

Authors

  • La Ode Roslin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Salimin A Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Irawaty Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v15i2.16

Keywords:

Dampak, Media Sosial, Facebook

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dampak apa asaja yang terjadi pada remaja dengan adanya penggunaan media sosial facebook di Desa Pola Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna, (2) Untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif media sosial facebook pada remaja di Desa Pola Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 8 orang dan informan yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: (1) Pengamatan; (2) Wawancara; (3) Angket/kuesioner; (4) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sesuai dengan hasil dan pembahasan ini menunjukkan bahwa : (1) Media sosial facebook membawa dua dampak, yakni dampak positif dan dampak negatif pada remaja dalam kehidupan sehari-hari; (a) dampak positif yakni, sebagai tempat untuk mencari teman, menjalin tali silaturahmi, tempat berdiskusi, sebagai tempat untuk menjalin hubungan (pacaran), sebagai tempat belajar dan bermain, praktis, kemudahan dalam mengecek komunikasi dengan orang lain, dan sebagai media promosi. (b) dampak negatif yakni, menyita waktu belajar bagi para pelajar, mengobsesi waktu para pelajar untuk selalu mengakses facebook, para pelajar tidak peduli dengan daerah sekitarnya, dapat mengurangi waktu efektif dan sebagai sarana tempat untuk menyebar foto atau video yang berbaur pornografi. (2) Upaya untuk meminimalisir dampak negatif media sosial facebook pada remaja; keberadaan orang tua sangat penting dalam hal parenting bagi anak-anaknya dalam mengikuti arus globalisasi. Oleh karena itu, yang harus dilakukan orang tua pada anak-anaknya yaitu, selalu waspada dan terlibat, bekerja sama dengan pihak terkait dan mengikuti arus. Jadi simpulan dari hasil penelitia ini menunjukan bahwa orang tua sangat berperan penting dalam upaya untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan media sosial facebook pada remaja di Desa Pola Kecamatan Pasir Putih.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

La Ode Roslin, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Salimin A, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Irawaty, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

References

Amita, Diananda. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna, Vol. 1, No. 1. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang.

Andi, Riswandi, Buana, Putra. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja Disekolah. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Volume 10 Nomor 1. Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Doni, Pranata, Yusuf. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Di SDN IV Sudirman Makassar. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universits Hasanudin.

Kartika, Mariskhana. (2018). Dampak Media Sosial (Facebook) dan Gadget Terhadap Motivasi Belajar. Perspektif Vol XVI No. 1. Manajemen Informatika, AMIK Bina Sarana Informatik.

Komang, Ayu, Pradnya, Indrawati. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata Vol. 17 No. 2. Program Studi S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana.

Najamuddin. (2019). Sosial Media dan Prestasi Belajar: Studi Hubungan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Voume 17 No. 1. Universitas Negeri Mataram.

Neneng, C., Marlina. (2015). Konstruksi Citra Diri Melalui Update Status Di Media Sosial Facebook. Jurnal Komunikasi Hasil Pemmkiran Dan Penelitian-ISSN: 2461-0836. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut.

Siti, Nurjanah. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Cyberbullyng Pada Siswa SMAN 12 Pekan Baru. Jom FISIP Volume 1 No. 2. Jurusan Ilmu Komunikasi-Prodi Ilmu Komunikasi-Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universias Riau.

Yanti. (2011). Peran Orang Tua Dalam Upaya Pencegahan Pelakuan Salah Seksual Pada Anak. Bandar lampung.

Yudit, Oktaria, Kristiani Pardede. (2008). Konsep Diri Anak Jalanan Usia Remaja. Jurnal Psikologi Volume 1 No. 2. Fakultas Psikologi Uniersitas Gunadarma.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Roslin, L. O., Salimin A, & Irawaty. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK PADA REMAJA DESA POLA KECAMATA PASIR PUTIH KABUPATEN MUNA. SELAMI IPS, 15(2), 154–164. https://doi.org/10.36709/selami.v15i2.16