IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KENDARI

Authors

  • Fitra Handayani Universitas Halu Oleo
  • Muh. Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Abdul Halim Momo Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/selami.v15i2.12

Keywords:

Implementasi, spiritual quotient, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru wakamad kesiswaan, guru pembina OSIMA, guru pembina pramuka, guru pembina olahraga, ketua OSIMA dan dua orang siswa. Penentuan informan dan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa dalam penelitian ini harus mempunyai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Faktor pendukung yaitu mayoritas siswa yang berasal dari keluarga yang Islami, fasilitas sekolah memadai dan adanya tenaga pendidik. Sedangkan faktor penghambat yaitu prasangka negatif, pengaruh pengalaman dan pengaruh kepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitra Handayani, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Muh. Yusuf, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abdul Halim Momo, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Agustian, Ari Ginanjar. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ The ESQ Way 39. Jakarta: Arga.

Gorge,M., dan Terry, R. (2016). Menerapkan Fungsi ManajemenPOAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam aspek perusahaan. Jurnal Manajemen, 4(8), 33-41.

Mulyasa. (2007). Manajemen Dalam Organisasi Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(2). 87-88.

Rohiat. (2008). Manajemen Kesiswaan. ManajerPendidikan. 13(3), 25-26.

Solehudin. (2018). Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) Siswa SMK Komputama Majenang. Jurnal Tawadhu, 2(1), 303-325.

Suharsono. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Adara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 240-241.

Zohar dan Marshall. (2007). Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Fitra Handayani, Muh. Yusuf, M. Y., & Halim Momo, A. H. M. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KENDARI. SELAMI IPS, 15(2), 111–122. https://doi.org/10.36709/selami.v15i2.12